Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial Kampanyekan Aksi Positif Lewat Media Sosial

[unpad.ac.id, 19/12/2018] Program studi Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran menggelar seminar “Social Marketing Fest 2018” di ruang seminar gedung A kampus FISIP Unpad, Jatinangor, Rabu (19/12).

Seminar ini merupakan tindak lanjut dari mata kuliah “Social Marketing” yang diajarkan di prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa dikelompokkan untuk mengerjakan suatu projek kampanye sosial. Pada tahun ini, kampanye sosial dilakukan di media sosial.

Dalam rilis yang diterima Humas Unpad dijelaskan, aktivitas kampanye mengangkat berbagai isu berupa ajakan untuk melakukan perbuatan baik. Kampanye disebarkan melalui platform media sosial Instagram. Indikator keberhasilan kampanye dilihat dari jumlah pengikut akun kampanye serta konten yang dikemukakan warganet dalam kolom komentar.

Sebanyak 9 kelompok mempresentasikan projek kampanye sosial dalam seminar yang dimoderatori dua dosen Ilmu Kesejahteraan Sosial Unpad Maulana Irfan, S.Sos., M.I. Kom dan Dr. Hery Wibhowo, S.Psi., MM. Setiap kelompok menjelaskan seputar latar belakang, keseruan, hingga tantangan dalam menjalankan projek marketing sosial ini.

Para kelompok memiliki projek kampanye yang menarik. Bahkan, salah satu kelompok yang mengangkat kampanye tepis “body shaming” telah dipublikasi di portal media daring beritabaik.id.

Diharapkan, melalui seminar ini, selain mempraktikkan kompetensi keilmuan sosial marketing, mahasiswa dapat membangun rasa percaya dirinya dalam memublikasikan ide dan gagasannya.*

Rilis: Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial Unpad/am