Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Unpad Ikuti Kuliah Umum Neni Utami Adiningsih

[unpad.ac.id, 23/4/2019] Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran menggelar kuliah umum dengan tema “Literasi, Pacu Kreativitas Penulisan Karya Ilmiah di Era Digital” dengan pemateri dosen, penulis, dan pegiat literasi dari Rumah Literasi ALIF, Cileunyi, Bandung, Ir. Neni Utami Adiningsih, M.T.

Dosen, penulis, dan pegiat literasi Ir. Neni Utami Adiningsih, M.T., menyampaikan kuliah umum ” “Literasi, Pacu Kreativitas Penulisan Karya Ilmiah di Era Digital” yang digelar di Ruang Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad, Senin (22/4) lalu.*

Kuliah umum yang digelar di Ruang Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad, Senin (22/4) lalu ini dihadiri oleh mahasiswa semester II dan VI dari prodi Ilmu Perpustakaan. Acara dibuka oleh ketua prodi Ilmu Perpustakaan Unpad Dr. Agus Rusmana, M.A.

Neni menjelaskan, tips utama memahami literasi adalah menguasai masalah dengan petunjuk memecahkan masalah. Ia mengarahkan mahasiswa untuk dapat mengambil intisari dari beragam permasalahan hidup dan menuangkannya menjadi ide artikel yang beragam.

“Dimulai dengan mendengarkan curhatan (cerita berdasarkan masalah) orang lain, kemudian menjadi sumber inspirasi untuk membuat cerpen (cerita pendek),” paparnya.

Dosen yang telah menghasilkan ratusan artikel dan puluhan buku ini berpesan bahwa literasi di era modern tidak lagi semata pada kemampuan membaca dan menulis. Kemampuan berpikir kritis untuk mengenali masalah, menemukan solusi, dan mengomunikasikan kepada orang lain menjadi tujuan dari literasi saat ini.*