Program Studi Jurnalistik Unpad Raih Akreditasi A

[unpad.ac.id, 6/09/2017] Program Studi Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Prodi Jurnalistik Fikom Unpaid) meraih akreditasi A. Hasil menggembirakan ini diraih setelah melalui tahapan akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan asesor Prof. Hafied Cangara, Ph.D. (Universitas Hasanuddin) dan Dr. Phil. Hermin Indah Wahyuni SIP., M.Si., (Universitas Gajah Mada), Senin-Selasa (12-13/6/2017).

Foto bersama para dosen Prodi Jurnalistik Unpad.*

Meski baru 3 tahun berstatus sebagai program studi, Jurnalistik yang semula adalah jurusan di bawah Prodi Ilmu Komunikasi, telah memiliki banyak lulusan yang diakui oleh dunia kerja. Bahkan prodi jurnalistik adalah cikal bakal berdirinya Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad.

“Awalnya fakultas ini bernama Fakultas Djurnalistik dan Publistik. Jadi, Jurnalistik sudah ada sejak fakultas ini berdiri. Saya dan Prof Deddy Mulyana adalah alumninya,” ujar Dekan Fikom Unpad, Dr. Dadang Rahmat Hidayat, M.Si.

Proses akreditasi Prodi Jurnalistik berlangsung menarik sekaligus menegangkan bagi pengelola. Pasalnya, hasil dari akreditasi akan berpengaruh besar terhadap lembaga dan lulusan. Namun proses visitasi yang berlangsung salama dua hari tersebut, dilalui dengan santai tapi serius oleh seluruh dosen dan tim akreditasi Prodi Jurnalistik Fikom Unpad.

“Menegangkan tapi menarik. Karena dari proses ini kita juga mendapatkan banyak masukan berharga bagi prodi. Ini penting untuk perkembangan prodi ke depan,” kata Ketua Prodi Jurnalistik Fikom Unpad, Dr. Nuryah Asri Sjafirah, M.Si.

Akreditas adalah proses 5 tahunan yang dilakukan oleh BAN-PT di bawah Kementrian Ristek Dikti, untuk menilai kualitas lembaga pendidikan. Selain melakukan verifikasi dokumen, asesor juga mewawancarai sejumlah mahasiswa aktif dan alumni. Tak hanya itu, fasilitas pendukung belajar seperti laboratorium, fasilitas olahraga, hingga ruang lembaga kemahasiswaan tak luput dari pengamatan. Keseluruhan proses akreditasi, dilaksanakan dengan dukungan penuh dari Kepala Satuan Penjamin Mutu (SPM) Unpad Dr. Hj. Rd. Funny Mustikasari Elita, M.Si, dan Unit Penjaminan Mutu Fikom Unpad Dr. Yanti Setianti, S.Sos.

Prodi Jurnalistik Unpad mendapatkan akreditas A melalui Surat Keputusan dari BAN PT nomor 2576/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017 untuk Program Strata 1 (S1) dengan masa kadaluarsa hingga 1 Augustus 2022.

bas/Fikom/am