Upaya Bentuk Apoteker Kompeten, Fakultas Farmasi Gelar Pelatihan Penguji OSCE

[unpad.ac.id, 22/2/2018] Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran melaksanakan Pelatihan Penguji Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI) metode Objective Structural Clinical Examination (OSCE) pada 14-15 Februari lalu.

Suasana pelatihan Penguji Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI) metode Objective Structural Clinical Examination (OSCE) yang digelar Fakultas Farmasi Unpad pada 14-15 Februari lalu.*

“Pelatihan penguji OSCE merupakan bentuk dari komitmen kita untuk mewujudkan lulusan apoteker yang mempunyai kemampuan keterampilan kefarmasian yg kompeten.” Ungkap Dekan Fakultas Farmasi, Prof. Dr. Ajeng Diantini, M.Si, Apt., saat membuka kegiatan.

Tujuan dari kegiatan ini untuk standardisasi penguji agar evaluasi atau penilaian yang diberikan tidak berdasarkan persepsi masing-masing penguji namun berdasarkan ukuran penilaian yang ditetapkan.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, diawali dengan penjelasan materi tentang OSCE, blue print OSCE, menjadi Penguji OSCE, Standard Setting OSCE oleh para narasumber dari Panitia Nasional UKAI, yaitu Dr. Yosef Wijaya, Dra. Endang Wahyuningsih, M.Si., dan Dr. Yulherina dan Sriwidodo, M.Si.

Di hari kedua, dilakukan simulasi penguji OSCE dimana penguji langsung memberikan penilaian terhadap kandidat. Simulasi diakhiri dengan sesi refleksi dimana tiap bagian SDM yang terlibat menyampaikan pengalaman dan masukannya untuk pelaksanaan Simulasi OSCE.*

Farmasi/am