Pusat Unggulan Kawasan Sains dan Teknologi

Alamat    : Jalan Raya Bandung-Sumedang km. 21, Jatinangor, Sumedang

Telepon  : –

Email      : –

Website  : –

 

Struktur pengelola Pusat Unggulan Kawasan Sains dan Teknologi Unpad

Ketua                                                                     : Prof. Dr. Ir. Edy Sunardi, M.Sc.,

Sekretaris                                                             : Prof. Dr. Eng. Camellia Panatarani, M.Si.,

Kepala Divisi Valuasi                                         : Dr. rer. pol. Hamzah Ritchi, S.E., MBIT., Ak.

Kepala Divisi Inkubasi Bisnis dan Operasi   : Diana Sari, S.E., M.Mgt., PhD.

Kepala Divisi Perencanaan                               : Prof. Dr. Eng. I Made Joni, M.Sc.

Kepala Divisi Dukungan Teknologi                 : Dr. Sinta Ningrum, dra., M.T.

 

Kawasan Sains dan Teknologi Unpad adalah Pusat Unggulan di Unpad yang dibentuk pada 27 Agustus 2015, terletak di Kampus Unpad Jatinangor, sekitar 21 Km dari pusat Kota Bandung. Lanskip bergunung-gunung dan sebagian besar merupakan wilayah terbuka membuat KST Unpad sangat sesuai untuk pengembangan sains dan teknologi yang memerlukan persyaratan alam terbuka, aman, dan menyatu dengan kampus utama tempat berfungsinya fakultas, laboratorium, pusat studi dan pusat riset di lingkungan Universitas Padjadjaran.

Tujuan utama KST Unpad adalah mengusung kekuatan nilai akademik sebagai branding Unpad dalam mendukung pembangunan berkelanjutan untuk menghasilkan kesejahteraan yang lestari (sustainable welfare). KST Unpad diselenggarakan oleh para ahli profesional di lingkungan Unpad melalui upaya mempromosikan budaya inovasi dan kompetisi antara asosiasi pelaku usaha komersial dengan institusi-institusi berbasis pengetahuan. Cara yang ditempuh adalah: a) melakukan stimulasi dan mengatur alur pengetahuan dan teknologi antara universitas, institusi riset dan pengembangan (research & development), pelaku usaha komersial, dan pasar; b) memfasilitasi pembentukan dan pertumbuhan perusahaan berbasis inovasi melalui proses inkubasi dan pemisahan perusahaan (spin-off); c) menyediakan jasa pertambahan-nilai lain dengan ruang dan fasilitas berkualitas tinggi; dan d) mensinergikan pihak-pihak pemerintah (pusat dan daerah), pelaku usaha komersial (bisnis dan industri), dan masyarakat (konsumen) untuk bersama-sama mewujudkan kesejahteraan yang lestari. Dengan demikian, keberadaan KST Unpad diharapkan mampu membuat networking yang berkelanjutan antara Unpad, pemerintah, pelaku industri/bisnis, dan masyarakat. Lebih jauh, dalam rangka promosi dan sosialisasi peningkatan peran KST Unpad, maka kerjasama dengan media menjadi bagian penting pengembangan KST Unpad.  Melalui kinerja sinergis ini, diharapkan mampu meningkatkan dan mempercepat pengembangan produk serta mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memindahkan inovasi ke produk yang dapat dipasarkan sehingga dapat diperoleh economic return yang tinggi. Sedangkan manfaat KST Unpad adalah sebagai pelaku riset dan pengembangan memungkinkan pelaku usaha komersial, pemerintah dan masyarakat mengakses ide, inovasi, dan teknologi yang dikembangkan oleh para peneliti Unpad.

KST Unpad memiliki empat divisi layanan, terdiri dari divisi layanan teknis, divisi layanan pengembangan teknologi, divisi layanan inkubasi bisnis teknologi dan divisi layanan pendukung. Divisi layanan teknis melayani pelatihan, peragaan, konsultasi teknis dan informasi; divisi layanan pengembangan teknologi melayani desain teknologi, purwarupa, managemen kelayakan intelektual dan konsultasi hukum, divisi layanan inkubasi bisnis teknologi melayani dukungan teknologi dan manajemen bagi perusahaan pemula berbasis teknologi; dan divisi layanan pendukung melayani fasilitas produksi skala terbatas, ruang kantor, ruang konferensi/ seminar/ pameran.