Artis Peran Christine Hakim Bagi Pengalaman Kariernya di Kampus Fikom Unpad

[unpad.ac.id, 7/5/2018] Program studi Televisi dan Film Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran menggelar acara “Retrospeksi Christine Hakim: Skenario Hidup Sang Sineas” yang bertempat di Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad, 2 – 4 Mei lalu.

Artis Peran Christine Hakim menjadi bintang tamu dalam acara Retrospeksi Christine Hakim: Skenario Hidup Sang Sineas” yang digelar mahasiswa Program studi Televisi dan Film Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran di Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad, 2 – 4 Mei lalu.

“Acara ini menurut saya sangat istimewa, karena tidak hanya screening film-film lawasnya Bu Christine saja, tetapi juga mendiskusikan beberapa film yang beliau bintangi. Pada rangkaian ini kami tidak hanya mengajak peserta berdiskusi mengenai latar belakang ibu Christine Hakim sebagai pemain film, tetapi juga sebagai tokoh yang membangkitkan Industri Perfilman Indonesia,” ungkap Jasmine Shafira, ketua pelaksana kegiatan seperti dalam rilis yang diterima Humas Unpad.

Acara ini merupakan upaya yang dilakukan para mahasiswa prodi Televisi dan Film untuk mengenalkan lebih dalam mengenai tokoh industri perfilman Indonesia. Acara ini terbuka untuk umum, khususnya bagi pencinta film tanah air dan calon sineas Indonesia.

Acara ini memutarkan lima film lawas terbaik dari berbagai film Christine Hakim. Lima film tersebut adalah film Kawin Lari (1975), Ponirah Terpidana (1984), Pengemis dan Tukang Becak (1978), Daun di Atas Bantal (1998), dan film dokumenter Serambi (2005). Sesi pemutaran film tersebut diselenggarakan selama dua hari dan dibagi menjadi dua sesi pemutaran setiap harinya.

Di sesi diskusi, artis Christine Hakim menjadi bintang tamu. Di sesi ini, peserta tidak hanya diajak berdiskusi mengenai produksi film yang diputar. Peserta diajak untuk mengenal lebih dekat sosok Christine Hakim tidak hanya sebagai tokoh pemain film, tetapi juga tokoh yang berdedikasi memajukan industri perfilman Indonesia.

Selain pemutaran film dan diskusi, acara ini juga menghadirkan pameran kecil berisi berbagai materi yang berkaitan dengan Christine Hakim. Materi pameran itu diantaranya ada aneka poster film, kliping pemberitaan, piala citra dan penghargaan, dan naskah film Cinta Pertama, Kawin Lari, Cut Nyak Dien, dan Di Balik Layar Kelambu.*

Rilis: Fikom/am