Perpustakaan

Alamat: Jl. Dipati Ukur No. 46 Bandung
Telepon: (022) 022 2509119
Faksimile: (022) 022 2508112
Email: cisral@unpad.ac.id
Website: http://cisral.unpad.ac.id

Perpustakaan Pusat Unpad didirikan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Padjadjaran tanggal 5 September 1974 No. 72/Kep/Unpad/74 yang pada waktu itu dijabat oleh Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja. Untuk mengenang jasa-jasa dari almarhum Prof. R.S. Soeria Atmadja, maka gedung Perpustakaan ini diberi nama Graha Soeria Atmadja.

UPT Perpustakaan Unpad di dalam menjalankan fungsinya sebagai sarana belajar mengajar, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi senantiasa memberikan pelayanan yang baik kepada sivitas akademika Unpad khususnya, dan masyarakat pengguna lainnya.

Sejalan dengan Peraturan Pemerintah No.05 Th.1980, tentang Pokok-pokok Organisasi Universitas/Institut Negeri serta Kepmen P dan K No. 0133/0/1983 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unpad, maka Perpustakaan Pusat Graha Soeria Atmadja statusnya berubah menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT), sehingga bernama UPT Perpustakaan Universitas Padjadjaran. Sedangkan nama Soeria Atmadja tetap melekat pada nama fisik gedungnya.

Karena lokasi fakultas yang ada di lingkungan Unpad sampai saat ini masih terdapat di berbagai lokasi, baik yang di Bandung maupun di Jatinangor, maka setiap fakultas dan lembaga di lingkungan Unpad mempunyai perpustakaan masing-masing namun pembinaannya, baik koleksi maupun tenaga pustakawannya berada dibawah koordinasi UPT Perpustakaan.