Unpad – BUMN Center of Excellence

Selain peningkatan kewilayahan, Universitas Padjadjaran juga berkontribusi dalam penguatan pelayanan kelembagaan pemerintah. Salah satu kontribusi tersebut ialah berpartisipasi dalam penguatan kelembagaan Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) di Indonesia.

Pemerintah saat ini memiliki 144 BUMN yang bergerak di tiga sektor bidang usaha strategis, yakni: manufaktur, jasa, dan pengelolaan sumber daya alam. Setiap BUMN memiliki persoalan  tersendiri yang membutuhkan keterlibatan dengan berbagai pihak. Dalam hal tersebut  peran akademisi dibutuhkan guna memberikan berbagai solusi untuk menyelesaikan permasalahan melalui sudut pandang keilmuan.

Unpad BUMN Center of Excellence (Unpad-BCE) merupakan ruang bagi sivitas akademika Unpad dalam memberikan sumbangsih keilmuan untuk pengembangan BUMN. Unpad-BCE mendorong BUMN untuk melakukan penguatan dalam 3 aspek, antara lain: penguatan kelembagaan, pengembangan SDM, serta sinergitas antar BUMN.

Unpad BCE diresmikan pada 9 Mei 2016, oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno; Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Prof. M. Nasir; Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara; dan Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad. Tujuan pendirian ini dalam upaya berkontribusi untuk mendorong BUMN di Indonesia agar mampu bersaing secara global.

Unpad BCE memiliki pusat data dan informasi yang menyimpan data kelembagaan dari 144 BUMN. `, yakni center of collaboration, center of learning, dan center of study. Sivitas akademika Unpad dapat menggunakan data-data tersebut sebagai bahan riset dan penyebaran ilmu pengetahuan, termasuk dapat digunakan sebagai bentuk kolaborasi keilmuan dengan perguruan tinggi lain.