Dua Mahasiswa Unpad Maju Ke Audisi I Am President Tingkat Nasional

Salah satu peserta "I am President" sedang menyampaikan pidatonya di Ruang Serba Guna Unpad, Rabu (27/09). (Foto: Indra Nugraha)

[Unpad.ac.id, 26/09/2012] Generasi muda yang cerdas, berwawasan luas, dinamis dan visisoner, serta memiliki jiwa kepemimpinan yang baik merupakan salah satu kriteria dari pemimpin bangsa ini di masa depan. Melalui program reality TV Show bertajuk “I am President”, kriteria pemimpin ideal tersebut terus dicari ke seluruh penjuru negeri.

Salah satu peserta “I am President” sedang menyampaikan pidatonya di Ruang Serba Guna Unpad, Rabu (27/09). (Foto: Indra Nugraha)

I am President merupakan kompetisi pidato yang mengibaratkan peserta itu sebagai presiden yang mengutarakan solusi, visi, dan misinya untuk negara Indonesia. Untuk merubah negara Indonesia lebih baik dan lebih maju,” ujar Nuri, Event Secretary “I am President” ketika ditemui disela acara audisi “I am President” regional Bandung-Jawa Barat yang bertempat di Gedung Rektorat Lama Lantai 3 kampus Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Rabu (26/09).

Calon peserta program ini adalah warga negara Indonesia yang berusia antara 17 hingga 40 tahun, baik pria maupun wanita berpendidikan minimal SMA. Peserta tidak boleh mewakili partai politik, lembaga agama, atau LSM tertentu. Peserta juga diharuskan tidak memiliki kepentingan politik, tidak bermaksud provokasi, tidak menyangkut SARA, dan tidak anarkis.

Solusi atas masalah menjadi hal paling penting dalam program ini “Peserta tidak boleh mengkritik, dan jika memang mengungkapkan masalah harus memaparkan juga solusi atas permasalahan tersebut,” tambah Nuri.

Sebelumnya, program yang diinisiasi oleh PT CMG Global Indonesia ini telah pula melakukan audisi di beberapa kota besar lainnya diantaranya Surabaya, Makasar, Manado, Palembang, Balikpapan, dan Yogyakarta.

Acara audisi yang telah dilaksanakan dari Selasa kemarin (25/09) ini juga telah berhasil mengumpulkan puluhan orang. Di hari ini, tersisa 12 orang yang selanjutnya akan diseleksi lagi menjadi kurang lebih 3 orang untuk masuk ke tingkat nasional di Jakarta.

Sepuluh besar yang beruntung di tingkat nasional nanti berkesempatan untuk melakukan study tour ke beberapa negara yang maju karena peran besar pemimpinnya. Diantaranya adalah China, India, Abu Dhabi, dan Dubai.

Hal lain yang menggiurkan dari program ini adalah hadiah berupa uang yang akan didapat tiga besar peserta di tingkat nasional. Pemenang pertama mendapat hadiah Rp 1 Milyar, hadiah kedua Rp 500 Juta, dan hadiah ketiga Rp 200 Juta.

Salah satu peserta audisi, Muhammad Erfan Supradhono, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad mengungkapkan bahwa keinginannya mengikuti audisi ini didasari sebagai pembuktian dirinya. “Saya ingin membuktikan bahwa bangsa Indonesia terutama generasi muda apalagi Unpad bisa menghasilkan calon-calon pemimpin bangsa yang berkualitas,” ujarnya.

Pada pelaksanaan audisi di Unpad ini, keluar sebagai Juara I, Yawaris Abdillah (Universitas Langlang Buana, Bandung), Juara II, Ilham Magribi (Unpad, Bandung), Juara III, Muhamad Saiful (Universitas Pakuan, Bogor), Juara IV, Asep Rovi Nurjaman (Unpad, Bandung). Menurut Event Manager “I Am President”, Mercys Charles Loho, khusus audisi di Bandung ini, juri mengambil empat orang pemenang untuk maju ke tingkat nasional. “Kita sengaja mengambil empat pemenang karena peserta di Bandung banyak yang bagus-bagus,” ujarnya.

Laporan oleh: Indra Nugraha/mar*

 

 

Share this: