Manfaatkan Beasiswa untuk Kelancaran Kuliah dan Lulus Tepat Waktu

Direktur Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni Unpad, Dr. Heryawan Kemal Mustafa, Ir., M.Sc., (tengah) berfoto bersama dengan perwakilan penerima beasiswa dan donatur beasiswa. (Foto: Tedi Yusup)

[Unpad.ac.id, 15/10/2012] Untuk mengenal dan meningkatkan silaturahmi antara pihak donatur pemberi beasiswa dengan para mahasiswa penerima beasiswa di lingkungan Unpad, Senin (15/10) ini digelar kegiatan “Gebyar Beasiswa Unpad”. Kegiatan yang berlangsung di Aula Grha Sanusi Hardjadinata Kampus Unpad Bandung ini dihadiri oleh para mahasiswa Unpad penerima beasiswa serta dihadiri pula oleh perwakilan donatur pemberi beasiswa.

Direktur Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni Unpad, Dr. Heryawan Kemal Mustafa, Ir., M.Sc., (tengah) berfoto bersama dengan perwakilan penerima beasiswa dan donatur beasiswa. (Foto: Tedi Yusup)

Menurut Direktur Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni Unpad, Dr. Heryawan Kemal Mustafa, Ir., M.Sc., program beasiswa yang ada di Unpad selama ini telah banyak membantu mahasiswa di dalam menyelesaikan pendidikannya di Unpad. Program tersebut merupakan suatu kebanggaan bagi Unpad khususnya dalam meningkatkan proses pembelajaran bagi mahasiswa penerimanya. Oleh karena itu, silaturahmi antara para donatur beasiswa dengan pihak penerima beasiswa penting untuk dilakukan.

Dr. Heryawan pun menekankan kepada para mahasiswa penerima beasiswa agar mampu memanfaatkan kesempatan baik tersebut dengan sebaik-baiknya. Beasiswa yang ada hendaknya dipergunakan untuk kelancaran proses perkuliahan sehingga dapat lulus tepat pada waktunya.

“Perlu kami sampaikan kepada para mahasiswa penerima beasiswa, program beasiswa ini merupakan sebuah kesempatan yang harus segera dimanfaatkan. Jangan disia-siakan. Ini merupakan pertanggungjawaban penerima beasiswa kepada para mitra donatur agar dapat menyelesaikan kuliah dengan sebaik-baiknya,” ujar Dr. Heryawan.

Sementara itu, Vice President PT. Bank Mandiri Kanwil VI Bandung, Tito Irianto mengungkapkan,Unpad merupakan salah satu dari 12 universitas yang menerima beasiswa dari Program Mandiri Peduli Pendidikan Bank Mandiri. Total beasiswa yang diberikan Bank Mandiri kepada 12 universitas tersebut sebesar Rp 12, 480 miliyar. Unpad sendiri menerima beasiswa sebanyak 10% dari total beasiswa tersebut.

“Mudah-mudahan ke depannya Unpad menerima sekitar 12-15% dari jumlah beasiswa yang diberikan oleh Bank Mandiri,” ungkap Tito.


Tito pun berharap kepada para penerima beasiswa agar mampu memanfaatkan beasiswa yang telah diterima dengan sebaik mungkin. Senada dengan Dr. Heryawan, Tito pun menantang para mahasiswa agar mampu meningkatkan pembelajarannya dengan sebaik mungkin. “Buktikan bahwa dengan beasiswa ini kalian mampu menyelesaikan pendidikan untuk Indonesia yang maju dan mandiri,” tegas Tito.

Acara pun dilanjutkan dengan penyerahan beasiswa secara simbolis dari masing-masing institusi pemerintah maupun nonpemerintah kepada perwakilan mahasiswa penerima. Disaksikan langsung oleh Dr. Heryawan, masing-masing perwakilan penerima beasiswa mendapat piagam simbolis yang diserahkan oleh pihak donatur dari masing-masing institusi.

Salah satu perwakilan penerima beasiswa, Muhammad Bustami mengungkapkan, program beasiswa yang ada di Unpad ini sangat bermanfaat untuk membantu proses belajar mengajar. Mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi ini berharap program beasiswa ini akan tetap diadakan ke depannya. “Semoga tahun depan program beasiswa, salah satunya Bidik Misi, bisa terus diadakan, sehingga para mahasiswa pun dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi tanpa terbentur oleh masalah biaya,” harapnya.*

Laporan oleh: Arief Maulana/mar

 

Share this: