Tingkatkan Silaturahmi Antar Mahasiswa Ekonomi, FEB Unpad Gelar FEB Unpad Championship

[Unpad.ac.id, 04/12/2012] Dalam kompetisi olahraga, sportivitas merupakan sesuatu yang harus dijunjung oleh masing-masing atlet. Bukan hanya dalam kompetisi internasional atau nasional, tetapi juga dalam kompetisi tingkat perguruan tinggi atau pelajar. Hal tersebut salah satunya tampak dalam turnamen futsal dan basket antar perguruan tinggi se-Indonesia yang digelar oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpad bertajuk “FEB Unpad Championship”.

Salah satu pertandingan futsal pada FEB Unpad Championship yang digelar di Bale Santika, kampus Unpad Jatinangor, Senin (03/12). (Foto: Tedi Yusup)

Berlangsung selama seminggu, (3-10/12) turnamen ini digelar di Gedung Olah Raga Bale Santika Kampus Unpad Jatinangor. Sebanyak 32 tim putra dan 5 tim putri untuk turnamen futsal, dan 17 tim putra dan 5 tim putri untuk turnamen basket saling berkompetisi untuk merebut juara dan hadiah yang disediakan oleh panitia. Peserta tersebut merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi dari beberapa perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Mengangkat tema “Cultural Diversity in a Spirit of Togetherness”, turnamen ini memang bertujuan untuk merangkum seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi yang ada di seluruh Indonesia. Menurut Ahmad Fauzan Nurul Ilmi, Ketua Pelaksana dari kegiatan ini mengungkapkan, tema tersebut bermakna setiap mahasiswa ekonomi dari berbagai daerah pasti memlliki budaya yang berbeda. Namun, hal tersebut bisa dipersatukan melalui persahabatan dalam sebuah kompetisi.

“Intinya, kami ingin menyatukan seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dari setiap universitas melalui turnamen yang menjunjung sportivitas,” ujar Fauzan.

Senada dengan Fauzan, Direktur Lembaga Pengembangan Mahasiswa dan Alumni Unpad, Dr. Heryawan Kemal Mustafa, M.Sc., turnamen futsal dan basket ini juga merupakan ajang silaturahmi antara mahasiswa Fakultas Ekonomi seluruh Indonesia dalam kemasan turnamen olahraga. Heryawan sendiri merespons positif ajang turnamen ini. Menurutnya, langkah para mahasiswa FEB Unpad untuk menghimpun mahasiswa lain dari seluruh Indonesia melalui turnamen ini sangatlah tepat.

“Di sini mereka bisa saling tukar informasi, dan soft skill, serta tetap menjaga silaturahmi, sportivitas. Mudah-mudahan langkah ini akan terus berjalan dan diikuti oleh mahasiswa dari fakultas lain,” ujarnya saat pembukaan turnamen.

Kejuaraan ini memperebutkan uang tunai sebesar Rp  4 juta bagi Juara I, uang sebesar Rp 2,5 juta bagi Juara II, dan Rp 1,5 juta bagi Juara III. Selain itu akan ada pemberian top scorer untuk pemain futsal dan  Most Valuable Player untuk pemain basket.

Menurut Fauzan, diharapkan masing-masing pemain dapat menjunjung tinggi sportivitas guna mempererat silaturahmi antar mahasiswa Fakultas Ekonomi. “Semoga menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi seluruh peserta,” ujarnya.*

Laporan oleh Arief Maulana/mar

Share this: