Hasil Penelitian Dr. Keri Lestari Raih Inspiration Award dari RMOL

Dr. Keri Lestari Dandan, MSi., Apt saat menerima Inspirational Award dari RMOL di Jakarta, Rabu (20/03) lalu. *

[Unpad.ac.id, 22/03/2013] Dr. Keri Lestari Dandan, MSi., Apt., dosen Fakultas Farmasi unpad, terpilih sebagai salah satu peraih penghargaan dari Rakyat Merdeka Online (RMOL) yang diserahkan di Jakarta, Rabu (20/3) lalu. Dr. Keri dianugerahi Inspiration Award karena berhasil mengembangkan obat diabetes dan kolesterol berbahan baku nonkimia.

Selain Dr. Keri Lestari, RMOL Award juga memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh nasional seperti Shinta Nuriyah dan Taufik Kiemas yang mendapat penghargaan Lifetime Achievement Award, Okke Hatta Radjasa yang meraih penghargaan Indonesia Magnificent Award, serta Gubernur DKI Jakarta Djoko Widodo, Rizal Ramli, Yusril Ihza Mahendra, dan Denny JA yang meraih Democracy Award. Peraih Inspiration Award lainnya adalah Menteri Koperasi Syarief Hassan, diplomat Aji Surya, atlet Triyanto, dan Agus Chaerudin.

RMOL merupakan penghargaan tahunan yang diselenggarakan untuk memberi apresiasi kepada sejumlah tokoh yang dinilai telah memberikan sumbangan besar dan signifikat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pemilihan tokoh dilakukan secara selektif melalui pembicaraan intens yang melibatkan banyak pihak dengan pemahaman di bidang-bidang tertentu.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Kemendiknas, bapak Rektor dan pimpinan Unpad, pihak Yonsei University Korea, Ketua LPPM Unpad, dan staf serta pimpinan di Fakultas Farmasi Unpad,” ujar Dr. Keri.

Para tokoh nasional yang menerima penghargaan dari RMOL *

Menurut Dr. Keri, banyak pihak yang telah membantunya terpilih sebagai salah satu peraih penghargaan tersebut. Pembantu Dekan I Fakultas Farmasi Unpad ini pun mengucapkan terima kasih kepada para promotornya, Prof. Anas Subarnas, Prof. Sri Hartini KS Kariadi, Prof. Tri Hanggono Achmad, Andi Wijaya PhD, Prof. JK Hwang, juga para kontributor dan rekan dosen dan mahasiswa yang tergabung dalam tim peneliti Pala sejak tahun 2008, juga jajaran PT Kimia Farma Tbk, dan suami serta keluarganya yang telah mendorong Dr. Keri untuk terus berkarya.

Baca juga: Mahasiswa Bidikmisi dan Afirmasi Unpad Ikuti Sejumlah Pelatihan Minat dan Bakat

Sebagaimana pernah diberitakan website Unpad, Dr. Keri Lestari berhasil membuat obat antidiabetes dari ekstrak biji pala. Penemuan antidiabetes nonkimia itu dipandang sebagai salah satu temuan penting di bidang farmasi. *

Laporan oleh: Erman *

Share this: