Dosen Farmasi Unpad, Dr. Keri Lestari, Raih Penghargaan Indihome Women Awards 2014

Dr. Keri Lestari Dandan, MSi, Apt (kedua dari kiri) saat menerima penghargaan Indihome Woman Awards kategori Indihome Woman Scientist & Technologist di Jakarta, Jumat (25/04) lalu *

[Unpad.ac.id, 28/04/2014] Dosen Fakultas Farmasi Unpad, Dr. Keri Lestari Dandan, M.Si., Apt., berhasil meraih penghargaan  Indihome Women Awards 2014 untuk kategori Indihome Woman Scientist & Technologist yang diselenggarakan oleh Telkom Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan pada Jumat (25/4) di Grand Studio Metro TV Jakarta. Ajang Indihome Women Awards ini diselenggarakan setiap tahun dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April lalu.

Dr. Keri Lestari Dandan, MSi, Apt (kedua dari kiri) saat menerima penghargaan Indihome Woman Awards kategori Indihome Woman Scientist & Technologist di Jakarta, Jumat (25/04) lalu *
Dr. Keri Lestari Dandan, MSi, Apt (kedua dari kiri) saat menerima penghargaan Indihome Woman Awards kategori Indihome Woman Scientist & Technologist di Jakarta, Jumat (25/04) lalu *

Menanggapi prestasi tersebut, Dr. Keri saat ditemui Jumat (25/04) lalu mengatakan bahwa pada awalnya ia tidak menyangka akan mendapat penghargaan tersebut. Walaupun demikian, ia sangat bersyukur mendapat penghargaan tersebut,  perhargaan kali ini dirasakan lain olehnya karena melibatkan partisipasi publik (public vote), walau bobotnya hanya 20% dari total penilaian. Dr. Keri berhasil meraih suara terbanyak sebesar 439 suara. Menurut Dr.Keri, jumlah tersebut tak lepas dari dukungan berbagai pihak khususnya dari civitas akademika Universitas Padjadjaran,  penghargaan ini memotivasinya untuk menjadi lebih baik lagi sesuai harapan semua dan  lebih bermanfaat untuk orang banyak.

“Bagi saya, setiap penghargaan adalah komplimen dari komitmen dan konsistensi terhadap apa dilakukan selama ini. Saya sangat berterima kasih kepada seluruh civitas Universitas Padjadjaran yang telah mendukung saya, memilih saya hingga akhirnya mendapat suara terbanyak,” jelas Dr. Keri yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Dekan I Fakultas Farmasi Unpad ini.

Indihome Women Awards 2014 ini terdiri dari 7 kategori yaitu Woman Human Care Activist, Woman Scientist & Technologist, Woman Cultural Artist, Woman Educator,  Woman Preneur,  Woman Health Activist, Woman Environmentalist. Untuk setiap kategori tersebut,terpilih tujuh orang nominator untuk dipilih menjadi tiga orang pemenang.

Untuk kategori Indihome Woman Scientist & Technologist ini, selain Dr. Keri, penghargaan juga diberikan kepada Herawati Sudoyo dari Lembaga Biologi Molekul Eijkman selaku peletak dasar pemeriksaan DNA forensik dan Is Herlianti dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) selaku peneliti rekayasa genetika enzim. Indihome Woman Inspiration juga diberikan untuk Najwa Shihab, Christine Hakim dan Melly Goeslaw.

Penilaian Indihome Women Awards 2014 ini  berdasarkan penilaian digital (20%), partisipasi publik (voting, 20%) dan kualitas (60%). Pemberian penghargaan ini dilatarbelakangi aktivitas perempuan Indonesia masa kini yang tidak hanya sibuk untuk urusan domestik, tetapi juga dapat tetap aktif dalam berbagai kegiatan di luar (publik) dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi khususnya internet melalui berbagai media digital seperti melalui laptop, PC, tablet, smartphone, ponsel. Sehingga kegiatan ini bertajuk Kartini masa kini “Dari rumah menggenggam dunia”.

“Alhamdulillah, dengan kecanggihan  teknologi, saat ini kita sebagai perempuan dimudahkan untuk berkomunikasi dan beraktifitas. Saat libur pun kita tetap bisa produktif walau posisi ada di rumah, atau sedang menemani keluarga beraktifitas. Sering saya mengirim data atau berkoordinasi tentang masalah akademik sambil menemani anak dari sisi kolam renang, karena masalah terkait mahasiswa tidak bisa menunggu, terkadang perlu solusi cepat real time,” ujar Dr. Keri.

Berkomunikasi melalui internet, lanjutnya, memudahkan aktifitas yang mendukung produktifitas dalam bekerja. Saat ini Dr. Keri juga membimbing mahasiswa S3 dari University of Groningen, Belanda melalui email dan proses persetujuan disertasi online melalui web site universitas tersebut, Unpad pun mempunyai sistem informasi akademik terpadu  (SIAT) secara online berbasis IT untuk proses akademik, sehingga komunikasi akademik lebih praktis melalui web site Unpad dan email. Selain itu, media sosial seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, Line, dll juga memudahkan kita untuk bersilaturahmi saling tukar informasi dengan kolega.

Sesuai dengan semangat Kartini yang pada jaman dahulu aktif menyuarakan aspirasinya dalam surat-suratnya, ajang Indihome Women Awards ini juga mengajak para perempuan untuk tetap aktif menyuarakan berbagai hal dalam media internet ini dalam berbagai saluran, seperti melalui blog, sosial media, website dan lain-lain. Untuk itu, aktivitas dalam penggunaan teknologi digital internet untuk mendukung bidang yang digeluti masing-masing peserta ini menjadi salah satu komponen penilaian dalam ajang tersebut.

Usai menerima penghargaan tersebut, Dr. Keri semakin bertekad untuk meneruskan konsistensinya dalam menjalankan fungsi tridharma perguruan tinggi selaku dosen. Baginya, berbagai penghargaan yang diterimanya hingga saat ini bukanlah targetnya yang utama, melainkan menjaga komitmen untuk berkontribusi selaku dosen dan peneliti sekaligus ibu rumah tangga yang baik adalah titik perhatiannya selama ini. “Kuncinya konsistensi,” tegasnya diakhir wawancara. *

Laporan oleh: Marlia / eh *

Share this: