Unpad dan ANRI Selenggarakan Pelatihan Arsiparis Tingkat Ahli

[Unpad.ac.id, 29/04/2014] Sebanyak 42 peserta mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Arsiparis Tingkat Ahli yang digelar oleh Unpad dan Arsip Nasional Republik Indonesia. Pelatihan ini diselenggarakan mulai 29 April hingga 4 Juni 2014 di Unpad kampus Jatinangor.

Kepala Pusat Diklat Kearsipan Arsip Nasional RI, M. Imam Mulyantono, saat menyampaikan materi pelatihan arsiparis di Unpad (Foto oleh:  Tedi Yusup)*
Kepala Pusat Diklat Kearsipan Arsip Nasional RI, M. Imam Mulyantono, saat menyampaikan materi pelatihan arsiparis di Unpad (Foto oleh: Artanti Hendriyana)*

Pelatihan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana, dan Tata Kelola Unpad, Prof. Dr. Ir. H. Roni Kastaman, MSIE di Bale Rucita, Gedung Rektorat Unpad, kampus Jatinangor. Acara pembukaan juga dihadiri oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Hukum dan Tata Kelola Unpad, Drs. Sudarma., MM., Kepala UPT Kearsipan Unpad, Kusnandar S.Sos., M.Si, dan  Kepala Pusat Diklat Kearsipan Arsip Nasional RI, M. Imam Mulyantono.

Acara ini digelar untuk meningkatkan kompetensi para pegawai Unpad di bidang kearsipan. Selain tenaga kependidikan di lingkungan Unpad, pelatihan tersebut juga diikuti oleh 4 orang yang berasal dari Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Bapusipda).

Bertindak sebagai pemateri di hari pertama adalah M. Imam Mulyantono. Imam mengatakan bahwa untuk menjadi arsiparis dibutuhkan kemauan, pengetahuan, dan kemampuan. Ia mengungkapkan bahwa sangat sulit mencari orang yang mau mengelola arsip.  Padahal, untuk menduduki jabatan fungsional, khususnya menjadi arsiparis, banyak keuntungan yang diperoleh, diantaranya adalah jenjang karir yang menjanjikan. “Di Indonesia, ‘mau’ di bidang kearsipan jadi hal tersulit yang diperoleh,” ungkapnya.

Menurut Imam, masih banyak orang menyepelekan pengelolaan arsip. Arsip diibaratkan seperti oksigen, hal yang sangat penting namun jarang orang memperhatikan sampai itu hilang. Ia mengatakan bahwa arsip merupakan sumber informasi yang dapat dipercaya, dan dapat dijadikan bukti hukum. Mengelola arsip terlihat seperti aktivitas sepele. Namun jika tidak dilakukan secara rutin dan benar, maka dapat menimbulkan masalah besar.

Baca juga: Unpad Miliki 4 Guru Besar Baru

Ditemui di sela-sela acara, Kepala Bagian Kepegawaian Unpad, H. Budi Imam Dansyah, S.Sos mengatakan bahwa acara ini digelar berdasarkan kebijakan pimpinan universitas mengenai jabatan fungsional untuk tenaga kependidikan di lingkungan Unpad, yang salah satunya adalah arsiparis. Pemateri pada pelatihan ini berasal dari Arsip Nasional RI dan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah. *

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh *

Share this: