Mahasiswa Fapet Unpad Kunjungi Can Tho University Vietnam

Prof. Nguyen Trong Ngu diapit oleh Afghan Arif (kiri) dan Irvan Prasetya *

[Unpad.ac.id, 30/05/2014] Dua mahasiswa perwakilan BEM Fakultas Peternakan Unpad mengunjungi Fakultas Peternakan Can Tho University Vietnam untuk melihat proses pembelajaran di sana serta kondisi peternakan secara umum di Vietnam. Kedua mahasiswa ini berada di Ho Chi Minh dan Can Tho Vietnam selama 5 hari pada 13-17 Mei 2014 lalu.

Prof. Nguyen Trong Ngu diapit oleh Afghan Arif (kiri) dan Irvan Prasetya *
Prof. Nguyen Trong Ngu diapit oleh Afghan Arif (kiri) dan Irvan Prasetya *

Kedua mahasiswa tersebut adalah Afghan Arif Arandi dan Irvan Prasetya. Selama dua hari pertama, mereka mengikuti program internship di perusahaan pengolahan susu Frisian Flag. Setelah itu, selama tiga hari mereka mengunjungi Can Tho University yang juga memiliki Fakultas Peternakan.

Ho Chi Minh memiliki suhu yang cukup panas, antara 28-33 derajat Celcius. Vietnam, menurut kedua mahasiswa Fapet Unpad ni, memiliki kelebihan karena dapat mengembangkan peternakan sapi perah dalam kondisi yang melawan teori perkuliahan. Vietnam mampu mendapatkan rata-rata 17 liter susu per hari dari setiap sapi laktasi dengan Total Plate Count (TPL) hanya 350 ribu cfu/ml. Sedangkan di Indonesia, khususnya di Lembang dan Pengalengan yang terletak di kondisi udara sejuk, rata-rata produksi susu hanya 14 liter per hari dengan TPC 700 ribu-1 juta cfu/ml.

Sebagai pembanding, Standar Nasional Indonesia (SNI) menetapkan bahwa susu yang dapat masuk ke industri atau dikomersialkan harus memiliki TPC di bawah 1 juta cfu/ml. Dalam kurs rupiah, susu dari peternak di Ho Chi Minh dihargai Rp 7 ribu per liter sedangkan di Indonesia hanya dihargai Rp 3.500 – Rp 5.000,- per liter.

Usai mengikuti internship, Afghan Arif dan Irvan Prasetya melakukan inisiatif berkunjung ke Can Tho yang terletak 160 km dari Ho Chi Minh. Keduanya terlebih dahulu menghubungi pihak Can Tho melalui e-mail dan mendapat tanggapan positif. Mereka kemudian bertemu dan berbincang dengan Prof. Nguyen Trong Ngu dari bagian kerja sama Can Tho University.

Prof. Nguyen Trong Nu bahkan menawarkan farm stay selama beberapa hari kepada mahasiswa Unpad di peternakan rakyat agar para mahasiswa dapat melihat dan merasakan langsung kondisi lapangan peternakan di Vietnam. *

Rilis oleh: BEM Fapet Unpad / eh *

Share this: