Palawa Unpad Lakukan Survei “World Gigantic Cave Expedition II” di Vietnam

[Unpad.ac.id, 23/05/2014] Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Palawa Unpad kembali melakukan kegiatan survei “World Gigantic Cave Expedition II” di Vietnam pada 12 hingga 20 Mei 2014. Tim yang berangkat terdiri dari 2 orang yaitu Andreas Polin (Fakultas Peternakan) serta Stefanus (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).

Andreas Polin dan Stefanus, anggota Palawa Unpad yang melakukan Ekspedisi “World Gigantic Cave Expedition II” di Vietnam (Foto oleh: Palawa Unpad)*
Andreas Polin dan Stefanus, anggota Palawa Unpad yang melakukan Ekspedisi “World Gigantic Cave Expedition II” di Vietnam (Foto oleh: Palawa Unpad)*

Dalam rilis yang diterima Humas Unpad, survei kali ini menyusuri  Gua Han Song Doong di Taman Nasional Phong Na Ke Bang, Vietnam, gua terbesar di dunia. Taman nasional ini memiliki bentang karst terluas di Vietnam mencapai 40 ribu hektar dan memanjang hingga ke perbatasan negara Laos. Selain itu, lanskap karst kawasan PNKB sangat kompleks dengan geodiversity tinggi dan fitur geomorfik yang cukup penting yang terbentuk sekitar 400 juta tahun lalu.

Taman Nasional Phong Nha Ke Bang memiliki keanekaragaman fauna yang tinggi dan gua-gua besar yang dilalui oleh sungai son dan sungai chay. Taman Nasional ini semakin menarik perhatian sejak ditemukannya gua Han Son Doong tahun 1991 yang oleh penduduk setempat dinamai Ho Kanh.

Tim Palawa Unpad merupakan tim kedua dari Indonesia yang mengunjungi Taman Nasional ini. Sebelumnya, tim pecinta alam Lawalata dari Institut Pertanian Bogor (IPB) juga melakukan ekspedisi Taman Nasional ini pada 2011 lalu. Kunjungan ini idealnya merupakan survei tim Palawa Unpad sebagai penjajakan awal kegiatan ekspedisi “World Gigantic Cave Expedition II” yang direncanakan tahun ini di gua Han Son Doong.

Akan tetapi, negoisasi tim dengan pihak taman nasional terkait tarif yang mereka tawarkan, yaitu 3.000 US$/per orang, tidak menemukan titik terang. Tim Palawa Unpad merasa tarif tersebut terlalu mahal. Selain itu gua Han Son Doong sudah full booked sampai tahun 2015.

Sebelumnya, Tim Palawa Unpad juga telah melakukan ekspedisi serupa bertajuk “World’s Gigantic Ekspedition” pada Desember 2011 lalu. Ekspedisi tersebut menyusuri Gua Khoun Xe di Laos. Gua ini merupakan gua yang dialiri sungai Gigantic, yaitu sungai bawah tanah yang alirannya terbesar di dunia dengan panjang sungai sekitar delapan kilometer.*

Rilis oleh: UKM Palawa Unpad/am *

Share this: