Nanda Najih Berhasil Tembus “15 Besar” Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional 2014

Nanda Najih Habibil Afif (tengah) bersama

[Unpad.ac.id, 14/07/2014] Nanda Najih Habibil Afif, mahasiswa berprestasi (mawapres) 2014 jenjang sarjana Universitas Padjadjaran berhasil menembus babak final dan masuk dalam “15 Besar” pada Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional 2014 yang diselenggarakan di Bali pada 10-13 Juli 2014 lalu. Nanda berhasil menyisihkan jutaan mahasiswa di Indonesia, baik dari PTN maupun PTS, yang diseleksi dari tingkat jurusan, fakultas, universitas hingga akhirnya terpilih sebagai 15 besar finalis pada Mawapres tingkat nasional.

Nanda Najih Habibil Afif (tengah) bersama
Nanda Najih Habibil Afif (tengah) diapit oleh Dr. Ir. Heryawan Kemal Mustaga dan Richie Agusta Iwan Chandra, MSc., Apt *

Nanda yang lahir pada 6 September 1993 merupakan anak bungsu dari 3 bersaudara yang berdomisili di Kabupaten Tuban Provinsi Jawa Timur. Dalam keseharian, dia aktif di berbagai kegiatan kemahasiswaan, baik di tingkat fakultas maupun universitas, seperti di Departemen Sosial Kemasyarakatan FKDF Unpad, GEMA FTG, Kepengurusan HMG, dan Komunitas Padjadjaran Pedoeli.

Dalam kompetisi ini, penilaian dilakukan secara komprehensif meliputi karya tulis unggulan bertema “Menuju Indonesia Mandiri”, kemampuan bahasa asing, keaktifan minat organisasi, track record karya dan prestasi, serta pengetahuan umum dan kemampuan analisis masalah kekinian secara multiperspektif. Mahasiswa yang mampu berbahasa Inggris dan Arab secara baik dan sedang mendalami Bahasa Jerman ini membawakan karya tulis dengan judul “Potensi Penerapan Teknologi Sistem Koloid sebagai Penekan Pendangkalan Waduk di Indonesia”.

Menurut Ketua Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad, Dr. Ir. Heryawan Kemal Mustafa, M.Sc., ini merupakan prestasi yang membanggakan dan menjadi titik balik keberhasilan Mawapres Unpad setelah terakhir kali mahasiswa Fakultas Kedokteran Unpad angkatan 2006 lolos di babak final Pemilihan Mawapres Nasional. Akhirnya, tahun ini Nanda dari angkatan 2012 berhasil lolos di final ajang bergengsi tersebut di periode 2014.

Adapun juara 1 Mawapres Nasional 2014 jenjang sarjana diraih oleh Universitas Indonesia. Dirjen Dikti memberikan apresiasi uang tunai 6 Juta Rupiah untuk para mahasiswa yang telah berhasil menjadi finalis tingkat nasional. Di jenjang sarjana, Nanda yang merupakan finalis dari angkatan termuda ini mengaku bersyukur atas kesempatan yang telah diberikan.

“Saya berterima kasih pada semua pihak yang telah membantu saya. Walau belum berhasil menduduki posisi 3 teratas di event ini, saya sangat bersyukur pada Allah yang telah memberikan kesempatan untuk bertemu teman-teman luar biasa dari seluruh Indonesia. Saya berharap dengan pengalaman ini dapat menjadi suatu bahan bagi teman-teman Unpad untuk bisa lebih berprestasi di Pemilihan Mawapres tahun selanjutnya”, ungkap Nanda.

Rilis oleh: FTG Unpad / eh *

Share this: