[Unpad.ac.id, 28/08/2014] Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-27 di Universitas Diponegoro, Semarang, telah memasuki tahap penilaian poster oleh tim juri. Penilaian dilakukan pada Rabu (27/08) siang di Kampus Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip Kampus Tembalang setelah sebelumnya digelar pameran poster yang dibuka untuk umum.

Juri sedang mengamati poster salah satu tim PKM Unpad di Kampus Undip Semarang, Rabu (27/08) siang. (Foto oleh: Arief Maulana)*
Juri sedang mengamati poster salah satu tim PKM Unpad di Kampus Undip Semarang, Rabu (27/08) siang. (Foto oleh: Arief Maulana)*

Delegasi Unpad harus bersaing dengan total peserta  440 poster. Masing-masing tim telah mempersiapkan poster terbaiknya berikut dengan alat replikanya. Masing-masing tim pun ditanyai mengenai poster Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang telah mereka rancang.

“Tadi juri sempat bertanya mengapa merancang poster dengan desain seperti ini, mengapa memilih warna seperti ini. Tapi sejauh ini mereka memuji poster kita dan memberikan beberapa saran membangun,” kata Iman Rosiman, salah satu delegasi dari tim “Dysfun Course (kursus membaca dan menulis pertama di Indonesia bagi anak-anak yang mengidap disleksia)”.

Sebagian besar di antara tim meminta konsultasi kepada para dosen di Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad saat merancang poster karya ilmiahnya. “Anak-anak sempat berkonsultasi sehingga hasilnya sangat menggembirakan. Poster yang dibuat kombinasi warnanya sungguh pas dan menarik,” ujar Erick Paulus, S.Si., M.Kom., salah satu dosen pendamping menuturkan.

Penjurian kali ini menurutnya lebih melihat pada informatif dari apa yang disampaikan dalam poster. Selain itu, kriteria yang lain adalah tampilan poster yang menggambarkan karakterisitik PKM.

Melihat antusiasme dari tim juri saat melihat poster timnya, dosen pendamping dari tim “Landas (Lampu Lalu Lintas Cerdas) ini optimis bisa menang dalam Pimnas kali ini. “Walaupun memang ada kekurangan, kita optimis tetap menang,” ujar Erick.

Selain 440 poster, Pimnas ini juga mengikutsertakan sekitar 30 poster Pimnas Non-Seleksi. Kategori ini bertujuan sebagai wujud penghargaan bagi peserta Pimnas yang tidak lolos seleksi, namun dianggap memiliki keberhasilan di bidang penelitiannya. Adapun pengumuman pemenang Pimnas ke-27 ini akan diumumkan pada Kamis (28/08) malam.*

Baca juga: Rektor Sampaikan Capaian IKU-IKK 2012 Dihadapan Senat Unpad

Laporan oleh: Arief Maulana / eh *

Share this: