Dosen FPIK Unpad, Dr. Zuzy Anna, MSi, Terpilih Sebagai Koordinator IMFISERN

Dr. Zuzy Anna, M.Si (kanan) terpilih sebagai Koordinator IMFISERN (Foto oleh: Artanti) *

[Unpad.ac.id, 23/09/2014] Unpad menjadi tuan rumah diselenggarakannya 5th Congress of Indonesian Marine and Fisheries Socio-Economics Research Network (IMFISERN) atau Jaringan Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan. Acara ini dilaksanakan oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Unpad bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan dan IMFISERN di Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Selasa (23/09).

IMFISERN atau Jaringan Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan adalah organisasi profesi yang bertujuan untuk menghimpun potensi penelitian dan pengembangan, memperkuat jejaring penelitian sosial ekonomi kelautan dan perikanan, serta mendukung kebijakan yang berbasis ilmiah untuk pembangunan sektor kelautan dan perikanan. Adapun anggota dari IMFISERN adalah para ahli, peneliti, penggiat penelitian, dan pengembangan di bidang sosial ekonomi kelautan dan perikanan.

Dr. Zuzy Anna, M.Si (kanan) terpilih sebagai Koordinator IMFISERN (Foto oleh: Artanti) *
Dr. Zuzy Anna, M.Si (kanan) terpilih sebagai Koordinator IMFISERN (Foto oleh: Artanti) *

Pada kongres tersebut, salah satu kegiatannya adalah penetapan Koordinator IMFISERN untuk kepengurusan 2014-2016. Terpilih menjadi Koordinator adalah dosen FPIK Unpad, Dr. Zuzy Anna, M.Si.

Ditemui di sela kegiatan, Dr. Zuzy menyampaikan ada beberapa hal yang akan menjadi perhatiannya selama dua tahun kedepan. Diantaranya adalah lebih mengenalkan lagi INFISERN dan merangkul lebih banyak anggota, “Karena sebetulnya kan luas, di seluruh Indonesia FPIK itu ada banyak. Belum lagi lembaga riset yang ada menyangkut sosial ekonomi kelautan dan perikanan juga banyak,” tutur Dr. Zuzy.

Selain itu, Dr. Zuzy juga ingin meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang sosial ekonomi kelautan dan perikanan. Dalam hal ini, kegiatan yang akan dilakukan diantaranya adalah melakukan sejumlah pelatihan riset di bidang tersebut.

Hal lain yang akan dilakukan adalah memperkuat dan memperluas jaringan, terutama ke luar negeri. IMFISERN perlu lebih banyak melakukan kerja sama dengan berbagai organisasi internasional terkait bidang sosial ekonomi kelautan dan perikanan.

“Dalam waktu dekat kita konsolidasi dulu anggotanya dan mencari pengembangan-pengembangan potensi anggota baru supaya kita lebih luas lagi,” ungkap Dr. Zuzy.

Selain penetapan koordinator, kegiatan dalam kongres ini yaitu laporan pertanggungjawaban kepengurusan IMFISERN peride 2012-2014, Rapat Kerja IMFISERN terkait antisipasi kebijakan KP 5 tahun kedepan dalam pembangunan maritim dan rencana kerja sama, serta perumusannya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Dekan FPIK Unpad, Dr. Ir. Iskandar, M.Si dan Ketua Balai Besar Penelitian Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan (BBPSEKP), Dr. Tukul Rameyo Adi. “Kami berharap dengan kongres ini bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kita semua, tentunya juga untuk kemajuan bidang kelautan dan perikanan,” harap Dr. Iskandar saat memberikan sambutannya.

Lebih lanjur Dr. Iskandar menuturkan, bahwa diharapkan IMFISERN dapat menjadi yang terdepan dalam menyosialisasikan berbagai hasil riset, baik dari lembaga riset maupun perguruan tinggi, di dalam dan luar negeri. Kongres ini juga diharapkan dapat memberikan masukan yang berharga bagi arah kebijakan pembanguinan sektor kelautan dan perikanan.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh

 

Share this: