Sosialisasikan PMB, Unpad Perkenalkan 5 Program Studi Baru

Pelajar dan orangtua SMA Diponegoro 1 Jakarta saat mendengarkan pemaparan profil Unpad di kampus SMA tersebut di Rawamangun Jakarta Timur, Kamis (22/01). (Foto oleh: Artanti H) *

[Unpad.ac.id, 23/01/2015] Universitas Padjadjaran melalui UPT Humas Unpad turut berpartisipasi dalam memberikan informasi terkait universitas dan jalur masuk mahasiswa baru di SMA Diponegoro 1 Jakarta, Jln. Sunan Giri No. 5, Rawamangun, Jakarta, Kamis (22/01) kemarin. Presentasi dilakukan di hadapan ratusan pelajar kelas XII beserta orang tua dan guru sebagai bagian dari acara Career Day dan Bazaar SMA Diponegoro 1, yang merupakan kegiatan tahunan sekolah tersebut.

Pelajar dan orangtua SMA Diponegoro 1 Jakarta saat mendengarkan pemaparan profil Unpad di kampus SMA tersebut di Rawamangun Jakarta Timur, Kamis (22/01). (Foto oleh: Artanti H) *
Staf Humas Unpad, Dra. Sukmawati, saat melakukan presentasi di depan orangtua dan pelajar SMA Diponegoro 1 Jakarta Timur di kampus SMA tersebut, Kamis (22/01). (Foto oleh: Artanti H) *

Di awal presentasi, staf UPT Humas Unpad, Dra. Sukmawati memaparkan sekilas mengenai Unpad disertai pemutaran video profil Unpad. Wati kemudian menjelaskan terkait 16 fakultas yang ada di Unpad, termasuk program studi apa saja yang ada di dalamnya. Tidak ketinggalan, Wati juga menginformasikan ada 5 program studi baru yang dimiliki Unpad, yaitu Ekonomi Islam, Teknik Elektro, Televisi dan Film, Manajemen Komunikasi, dan Jurnalistik. Program Studi Manajemen Komunikasi dan Jurnalistik sebelumnya merupakan bagian dari Program Studi Ilmu Komunikasi.

Selanjutnya, Wati pun memaparkan mengenai jalur masuk Unpad. “Melalui SNMPTN dan SBMPTN 2014, Unpad memiliki peminat paling tinggi,” ungkapnya.

Ketika ditanya siapa yang ingin melanjutkan studi ke Unpad, banyak pelajar yang mantap mengacungkan tangannya. Di sesi tanya jawab, beberapa pertanyaan pun diajukan oleh para pelajar dan orang tua kepada Unpad. Pertanyaan yang dilontarkan terkait program studi, seleksi masuk, dan peluang masuk Unpad bagi pelajar di luar Jawa Barat.

dipo1dipo3Kepala SMA Diponegoro 1, Dra. Basuki Indriastuti, menyambut positif presentasi yang dilakukan Unpad. Ia mengungkapkan bahwa Unpad termasuk perguruan tinggi favorit bagi para pelajar dan banyak pelajar yang meminta Unpad berpartisipasi dalam acara tersebut. Alumni SMA ini pun ada yang telah diterima sebagai mahasiswa Unpad dan menunjukkan hasil yang positif.

“Saya selalu berpesan pada anak-anak, Unpad termasuk perguruan tinggi yang favorit, jangan pikir Unpad itu mudah masuknya karena Unpad pesaingnya masih banyak,” ujar perempuan yang akrab disapa Indri ini.

Menurutnya, sejumlah program studi yang baru di buka di Unpad merupakan peluang baru bagi para pelajarnya. “Jadi nanti kita akan berusaha mengingatkan pada anak-anak, ada peluang jurusan baru di Unpad,” tuturnya.

Selain Unpad, acara tersebut juga melibatkan 4 perguruan tinggi negeri lain dan 25 perguruan tinggi swasta yang diundang untuk memberikan sosialiasi melalui presentasi atau mengisi stan yang telah disediakan. Acara ini bertujuan untuk membuka wawasan para pelajar mengenai perguruan tinggi, termasuk seleksi masuk dan biaya studinya.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh

Share this: