Unpad Juara di National University Debating Championship Kopertis IV Jabar-Banten

[Unpad.ac.id, 3/06/2015] Tim Debat Bahasa Inggris Universitas Padjadjaran berhasil meraih juara dalam ajang National University Debating Championship (NUDC) Tingkat Kopertis IV Jawa Barat-Banten yang digelar di Universitas Widyatama, 18 – 20 Mei lalu.

Mahasiswa Unpad yang berhasil meraih gelar juara di NUDC Tingkat Kopertis IV Jabar-Banten di Universitas Widyatama Bandung, 18-20 Mei 2015 lalu *
Tengku Omar (paling kiri) dan Ratu Istihajar (kerudung hitam), mahasiswa Unpad yang berhasil meraih gelar juara di NUDC Tingkat Kopertis IV Jabar-Banten di Universitas Widyatama Bandung, 18-20 Mei 2015 lalu *

Dalam ajang tersebut, delegasi Unpad berhasil meraih juara pertama oleh Tengku Omar, mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpad dan Ratu Istihajar, mahasiswa Program Studi Kedokteran (FK) Unpad. Tengku dan Siti yang juga anggota UKM English Speaking Union (ESU) Unpad ini berhasil mengalahkan tim dari ITB, UPI, dan Telkom University pada babak final dengan motion “TH Supports Vatican’s Recognition of a Palestinian State”.

“Kami sangat senang dengan hasil ini. Persiapan matang dan kerja sama tim yang kami lakukan tidak sia-sia. Tapi perjuangan kami belum selesai sampai disini karena setelah ini kami akan mengikuti NUDC nasional. Masih harus banyak latihan,” ucap Tengku Omar dalam rilis yang diterima Humas Unpad.

Selain meraih juara pertama, Tengku dan Siti juga menyabet gelar “Best Speaker”. Tengku meraih gelar Best Sepaker di posisi pertama disusul dengan Siti di posisi kedua. Delegasi lain, Laura Erawan, mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Unpad juga mendapatkan “2nd Breaking Adjudicator”, peringkat yang didasarkan atas penilaian khusus dari para juri.

Ajang ini diikuti oleh mahasiswa dari Perguruan Tinggi di Jawa Barat dan Banten. Ajang ini menjadi ruang bagi para generasi muda Indonesia untuk berbagi pengetahuan dan mempertajam kemampuan berbahasa Inggris. Ajang ini menyeleksi 8 tim terbaik yang akan dikirim pada lomba NUDC tingkat nasional.

NUDC termasuk ajang yang prestius karena kesempatanya yang sangat kompetitif. Belum lagi, tim yang menjadi Juara 1,2, dan 3, serta juara “1st breaking team” akan disponsori oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) untuk mengikuti World University Debating Championship (WUDC) yang akan diadakan di Thessaloniki, Yunani pada tahun ini.*

Baca juga: Mahkamah Konstitusi Jalin Kerja Sama dengan 42 Perguruan Tinggi di Indonesia

Rilis: UKM ESU Unpad/am

Share this: