UPT Humas Unpad Gelar Pelatihan Layanan Berita bagi Humas Fakultas di Lingkungan Unpad

[Unpad.ac.id, 1/07/2015] Untuk meningkatkan kemampuan dalam memberikan layanan berita, UPT Humas Unpad menggelar Pelatihan Layanan Berita bagi Humas Fakultas di Lingkungan Universitas Padjadjaran. Pelatihan ini digelar mulai hari ini, Rabu (1/06) hingga Kamis (2/06) besok.

Kepala Biro SDM, Hukum & Tata Kelola Unpad,, Slamet Suprapto, S.Sos., MSi., saat membuka Pelatihan Layanan Berita bagi Humas Fakultas di Lingkungan Unpad yang berlangsung di Lab Media & Newsroom Fikom Unpad Jatinangor, Rabu (1/07). (Foto oleh: Marlia)*
Kepala Biro SDM, Hukum & Tata Kelola Unpad,, Slamet Suprapto, S.Sos., MSi., saat membuka Pelatihan Layanan Berita bagi Humas Fakultas di Lingkungan Unpad yang berlangsung di Lab Media & Newsroom Fikom Unpad Jatinangor, Rabu (1/07). (Foto oleh: Marlia)*

Untuk hari pertama, pelatihan diselenggarakan di Laboratorium Media dan Newsroom Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad, Jatinangor. Sementara hari kedua pelatihan akan diselenggarakan di Ruang Rapat Bersama Lt. 1 Gedung Rektorat Unpad, Kampus Jatinangor. Acara diikuti oleh sejumlah staf Humas Fakultas, Pascasarjana dan pusat.

“Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan para personil Humas Fakultas dan Universitas, serta meningkatkan jejaring kehumasan dengan memanfaatkan media website,” ungkap Kepala UPT Humas Unpad Dr. Soni A. Nulhaqim, S.Sos saat ditemui di sela kegiatan.

Lebih lanjut Dr. Soni menuturkan, melalui pelatihan ini diharapkan kuantitas dan produktivitas pemberitaan website, baik website universitas maupun fakultas semakin meningkat.

“Layanan berita website yang dikelola lebih menarik dan informatif dapat meningkatkan minat dari dosen, mahasiswa, dan pegawai untuk selalu membacanya, serta memberikan daya tarik bagi media pers untuk memanfaatkannya sebagai sumber informasi. Disamping itu mitra Unpad bisa mengetahui secara dinamis dari perkembangan positif Unpad,” ujar Dr. Soni.

Acara dibuka oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Hukum dan Tata Kelola Unpad, Slamet Suprapto, S.Sos., M.Si. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa peran Humas sangat strategis, diantaranya yaitu menjalin komunikasi yang baik dengan pihak internal dan eksternal.

“Peran Humas sangat strategis. Kita boleh katakan Humas merupakan garda terdepan yang mewakili sebuah institusi,” tutur Slamet.

2015_07_01 pelatihan kehumasan DADANPada kesempatan tersebut, Slamet berpesan agar para Humas terus memperbarui informasi yang ada di website unit kerjanya masing-masing. Peran website bukan hanya memberikan informasi, tetapi juga edukasi pada masyarakat.

Baca juga: Bersikeras Mandiri, China Akhirnya Sukses Menjadi Negara Maju

“Mudah-mudahan rekan-rekan dapat menyerap materi pada pelatihan ini. Menjadikan bekal kita untuk mengelola website di masing-masing unit kerja menjadi lebih maksimal,” harap Slamet.

Adapun materi yang disampaikan pada pelatihan hari pertama ini adalah mengenai Penulisan Berita dan Press Release, Teknik Reportase, dan Fotografi Kehumasan. Pada hari kedua, peserta akan diberikan materi mengenai Dukungan Fasilitas TI untuk Media Layanan Berita dan Dinamika Berita Rektorat dan Fakultas.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh

Share this: