Masuki Usia 15 Tahun, Rinaldi Wilopo Mulai Kuliah di Matematika Unpad

Rinaldi Wilopo, mahasiswa baru S-1 termuda Unpad tahun ini (Foto oleh: Dadan T.)*

[Unpad.ac.id, 20/08/2015] Rinaldi Wilopo adalah satu dari 5.749 mahasiswa baru program sarjana Universitas Padjadjaran yang hari ini mengikuti prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru Unpad. Anak bungsu dari tiga bersaudara ini mengaku bukanlah siswa dengan prestasi akademik tinggi di kelasnya. Dia tidak pernah menjadi juara kelas saat SMA, meski masuk ke dalam kelas akselerasi. Rinaldi yang lulus ke program studi Matematika tercatat sebagai mahasiswa termuda program Sarjana Unpad dengan usia 15 tahun.

Rinaldi Wilopo, mahasiswa baru S-1 termuda Unpad tahun ini (Foto oleh: Dadan T.)*
Rinaldi Wilopo, mahasiswa baru S-1 termuda Unpad tahun ini (Foto oleh: Dadan T.)*

“Di SMA, saya bukan juara kelas, ya ada di tengah-tengah saja. Saya masuk kelas akselerasi di SMA dan SMP,” ujar alumni SMA Don Bosco dan SMP Maria Kota Padang, Sumatera Barat ini.

Rinaldi lahir di Kota Padang pada 13 Juli 2000 dari pasangan Suherman Wilopo dan Liany Anggreini. Anak bungsu dari tiga bersaudara ini lulus masuk Unpad melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Pengumuman SBMPTN dilaksanakan pada 9 Juli 2015, hanya 4 hari menjelang Rinaldi memasuki usia 15 tahun. Boleh jadi kelulusan itu merupakan kado indah ulang tahunnya. Sebulan kemudian, tepatnya 12 Agustus 2015, Rinaldi resmi menjadi mahasiswa Unpad setelah melaksanakan registrasi administrasi.

“Saya kaget waktu tahu jadi mahasiswa termuda. Ya bangga juga jadi yang termuda. Untuk teman-teman yang masih di SMA, belajarlah giat dan semoga bisa juga jadi yang termuda, mengalahkan catatan saya sekarang,” ujar sosok berkacamata yang senang main game ini.

Saat tiba di kampus Unpad, Rinaldi merasa terkesan dengan kondisi lingkungannya. Menurutnya, kampus Unpad di Jatinangor udaranya sejuk, lingkungannya juga bersih. “Saya senang bisa diterima di Unpad, universitas ini kan dikenal bagus. Ternyata kampusnya juga bagus. Sepertinya, suasana belajar di sini bisa menyenangkan,” ujar Rinaldi yang mengaku senang pelajaran matematika sejak kecil dan bercita-cita menjadi peneliti.*

Laporan oleh: Erman

Share this: