Mahasiswa FH Unpad Raih Juara 1 Contract Drafting & Negotiation The 6th BLC Universitas Indonesia

Mahasiswa Fakultas Hukum Unpad yang meraih tiga gelar juara di The 6th Business Law Competition di Universitas Indonesia *

[Unpad.ac.id, 23/09/2015] Mahasiswa Fakultas Hukum Unpad berhasil meraih beberapa juara di ajang The 6th Business Law Competition (BLC) 2015 Piala Hafni Sjahruddin di Universitas Indonesia pada 18-20 September lalu. Pada tahun ini tema yang diangkat mengenai isu perbankan.

Mahasiswa Fakultas Hukum Unpad yang meraih tiga gelar juara di The 6th Business Law Competition di Universitas Indonesia *
Mahasiswa Fakultas Hukum Unpad yang berkompetisi di The 6th Business Law Competition Piala Hafni Sjahruddin di Universitas Indonesia pada 18-20 September 2015 lalu *

Ada tiga kategori lomba yang diikuti oleh delegasi Unpad dalam kompetisi tersebut, yakni Contract Drafting dan Negotiation, Battle of Brain, serta Legal Opinion. Tim Unpad yang mengikuti kategori Contract Drafting adalah Zaky Hidayat, Dwitha Maya, Rizka Rahmaniyah Suhud, Lamandari Faris, Made D. Satya, dan Farah Muthia.

Kategori ini merupakan lomba penyusunan kontrak dagang dan simulasi negosiasi terkait hukum bisnis, khususnya hukum perbankan dan persiapannya menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Rizka yang diwawancarai Humas Unpad, Selasa (23/09) mengatakan, target tim pada kategori ini ialah kembali meraih gelar juara setelah meriah juara umum pada 2014 lalu.

Lebih lanjut Zaky menjelaskan, pada babak awal, tim merancang kontrak mengenai merger antara bank BUMN dengan swasta.

“Di babak pertama kita merancang kontrak penggabungan ini seperti apa serta lampiran yang dieprlukan untuk merealisasikannya. Di final, ada babak negosiasi, dimana kita diminta untuk mempraktikkan bagaimana negosiasi kontrak ini berlangsung seperti apa,” jelas Zaky yang juga berperan sebagai Ketua Delegasi.

Pada kategori tersebut mereka berhasil meraih juara pertama sekaligus mendapat penghargaan sebagai Best Contract.

Sementara pada kategori Battle of Brain, tim Unpad terdiri dari Krikammanis Noviarty Qori, Ibrahim Hasam, dan Alfredo Paradeiso. Pada kategori ini, tim bersaing adu ketangkasan dengan 14 tim di babak penyisihan untuk menjawab kuis mengenai pengetahuan umum seputar kesiapan perbankan Indonesia menghadapi MEA. Pada kategori ini, tim berhasil meriah juara kedua di babak final.

Pada kategori Legal Opinion, FH Unpad mengirimkan seorang delegasinya bernama Michale Darari. Pada kategori ini, Michael menulis berkas kasus mengenai lembaga keuangan asing yang berkedudukan di Indonesia. Di hadapan praktisi dan akademisi hukum, berkas tersebut dipresentasikan langsung oleh Michael.

“Kita bertindak sebagai lawyer, bagaimana mengakomodasi kepentingan lembaga itu sendiri,” kata Michael. Pada kategori ini, Unpad meraih peringkat ke-4.

Meskipun tidak meraih piala Hafni Sjahruddin, delegasi yang merupakan mahasiswa FH Unpad angkatan 2012 ini puas dengan prestasi yang diraih. Riska menjelaskan, delegasi sendiri rutin menggelar latihan untuk memantapkan persiapan jelang menghadapi kompetisi.

“Meskipun tidak juara umum, kita bawa rileks dan kita puas dengan hasil yang ada,” ujar Ibrahim.

Latihan ini juga difasilitasi oleh Eldo Mathias selaku ketua Padjadjaran Law Research and Debate Society (Pleads) FH Unpad. Pleads ini yang menjadi fasilitasi FH Unpad dalam menghadapi ajang BLC tesebut.

“Meskipun dengan keterbatasan ruangan untuk latihan, kita membuktikan bahwa kita bisa meraih juara di ajang tersebut,” kata Eldo.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh

Share this: