Susuri Pantai, Palawa Unpad Ajak Masyarakat Kenali dan Cintai Garut Selatan

Pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang Pantai Garut Selatan *

[Unpad.ac.id, 8/12/2015] Setelah melakukan penyusuran selama lima hari, Perhimpunan Mahasiswa Pencinta Alam Palawa Universitas Padjadjaran berhasil menempuh jarak 57,59 kilometer garis pantai Garut Selatan. Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 15 sampai 19 Oktober 2015.

Pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang Pantai Garut Selatan *
Pohon kelapa yang tumbuh di salah satu lokasi penyusuran Pantai Garut Selatan *

Selain karena sebagian keindahan pantai ini belum terpublikasi, Palawa Unpad juga memilih lokasi ini karena Kabupaten Garut Selatan sedang dalam rencana pemekaran. Beranggotakan 7 orang, tim PMPA Palawa Unpad menyusuri lebih dari 23 pantai yang berada di empat kecamatan yaitu Kecamatan Cibalong, Kecamatan Pamengpeuk, Kecamatan Cikelet, dan Kecamatan Cisewu.

“Sebelumnya kita sudah melakukan penyusuran dari Leuweung Sancang (Batas Timur Garut, -red.) sampai ke Pantai Cibaregbeg tanggal 25 sampai 27 September kemarin. Penyusuran ini adalah lanjutannya buat menggenapi keseluruhan garis pantai Garut Selatan,” ucap Syarif, Ketua Tim Penyusuran Pantai ketika menjelaskan kegiatannya.

Dengan tujuan memperkenalkan pantai-pantai di Garut Selatan kepada masyarakat luas, tim ini pun mendokumentasikan kekhasan dan keunikan yang ditemui sepanjang perjalanan. “Tidak hanya melakukan penyusuran, kami juga melakukan pendokumentasian untuk mendukung kegiatan ini,” tutur Allyani, salah satu anggota Tim Penyusuran Pantai Garut Selatan menambahkan penjelasan Syarif.

“Di sisi lain, merupakan salah satu tugas kami sebagai pecinta alam untuk mengajak masyarakat mencintai alam,” tambah mahasiswa jurusan Psikologi 2012 tersebut. Hal itu menjadi alasan PMPA Palawa Unpad untuk juga mendokumentasikan sisi lain dari eloknya pantai Garut Selatan, seperti sampah dan limbah yang berceceran di sekitaran pantai wisata. Melalui kegiatan ini, Palawa Unpad berharap agar masyarakat menyadari betapa indahnya negeri sendiri sekaligus mengajak untuk bertanggung jawab pada lingkungan. *

Rilis oleh: Aghnia Hilya N (Palawa Unpad) / eh*

Share this: