Unpad Terpilih Sebagai Ketua Forum Kerja Sama MWA 11 PTN Badan Hukum

Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad (paling kiri), dan Wakil Ketua MWA Unpad, Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, M.Si. (paling kanan) saat menghadiri Forum Komunikasi MWA di Universitas Airlangga Surabaya *

[Unpad.ac.id, 28/03/2016] Universitas Padjadjaran terpilih menjadi Ketua sekaligus tuan rumah lanjutan Forum Kerja Sama Majelis Wali Amanat (MWA) 11 Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) se-Indonesia. Unpad terpilih menjadi ketua saat acara Pertemuan MWA 11 PTN BH di Universitas Airlangga, Surabaya, 17 – 18 Maret silam.

Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad (paling kiri), dan Wakil Ketua MWA Unpad, Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, M.Si. (paling kanan) saat menghadiri Forum Komunikasi MWA di Universitas Airlangga Surabaya *
Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad (paling kiri), dan Wakil Ketua MWA Unpad, Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, M.Si. (paling kanan) saat menghadiri Forum Komunikasi MWA PTN Badan Hukum di Universitas Airlangga Surabaya *

Pada pertemuan tersebut, delegasi Unpad dihadiri langsung oleh Prof. Tri Hanggono Achmad selaku Rektor dan Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, M.Si., selaku Wakil Ketua MWA Unpad. Pertemuan tersebut diantaranya membahas mengenai pembentukan forum yang dapat mewadahi MWA antar sebelas PTN BH di Indonesia untuk saling menguatkan koordinasi.

“Kita di sana memang menjadi PTN BH baru. Pada saat pengarahan siapa yang akan menjadi tuan rumah selanjutnya, Unpad berinisiatif menjadi tuan rumah,” kata Prof. Obsatar saat diwawancarai Humas Unpad, Senin (28/03).

Lebih lanjut guru besar FISIP Unpad tersebut mengatakan, ada posisi strategis yang didapat Unpad setelah terpilih menjadi ketua forum. Ia menjelaskan, selain menjadi ruang penguatan sinergi antar MWA PTN BH, forum ini dapat menguatkan komunikasi PTN BH dengan Menristek Dikti RI terkait peningkatan mutu universitas.

“Dari 11 PTN BH, ada 6 MWA yang SK pengangkatannya langsung oleh Menteri. SK Menteri ini membuat risiko bahwa MWA komunikasinya dengan Menteri. Mungkin dengan cara itu bisa lebih membantu dalam proses anggaran, pengalihan aset, dan lain-lain,” papar Prof. Obsatar.

Selama setahun ke depan, berbagai pertemuan MWA akan dipimpin langsung oleh Unpad. Prof. Obsatar mengatakan, ada target yang hendak dicapai oleh anggota Forum, diantaranya rencana meningkatkan mutu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia untuk mencapai target peringkat 500 besar perguruan tinggi terbaik di dunia.

Selain itu, setiap sebulan sekali direncanakan akan digelar pertemuan rutin guna membahas berbagai permasalahan yang terjadi di PTN BH. Prof. Obsatar mengatakan, pihaknya juga akan mengundang pemangku kepentingan lainnya terkait pengelolaan PTN BH.

“Kita ingin mempertemukan antara Bappenas, DPR RI, Menteri Keuangan, dan Menristek Dikti untuk menengahi berbagai kendala yang dihadapi PTN BH,” kata Prof. Obsatar.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh            

Share this: