Unpad dan Kota Banjar Jawa Barat Jalin Kerja Sama Pembangunan Wilayah

[Unpad.ac.id, 7/04/2016] Universitas Padjadjaran dan Pemerintah Kota Banjar sepakat menjalin kerja sama penguatan pembangunan wilayah. Kerja sama yang merupakan implementasi program “Unpad Nyaah ka Jabar” ini diharapkan bukan sekadar program afirmasi pendidikan, melainkan juga mencakup kerja sama yang lebih komprehensif.

Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad (ketiga dari kiri) saat melakukan pertemuan dengan Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih (tengah) di Kantor Wali Kota Banjar, Rabu (6/04). (Foto: Arief Maulana)*
Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad (ketiga dari kiri) saat melakukan pertemuan dengan Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih (tengah) di Kantor Wali Kota Banjar, Rabu (6/04). (Foto: Arief Maulana)*

Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad, mengatakan, rencana implementasi program “Unpad Nyaah ka Jabar” selanjutnya ialah berkontribusi dalam peningkatan pembangunan di 27 Kota/Kabupaten di Jawa Barat. Setiap kota/kabupaten akan memiliki satu tim khusus yang diturunkan Unpad. Hal ini merupakan implementasi dari program Aliansi Strategis Universitas Padjadjaran – Jabar (ASUP Jabar).

“Nantinya, konektivitas antar wilayah juga semakin mudah dilakukan. Kami lihat hal tersebut belum optimal,” ujar Rektor saat melakukan pertemuan dengan pihak Pemkot Banjar di Kantor Walikota Banjar, Rabu (06/04).

Pertemuan tersebut dihadiri langsung oleh Wali Kota Banjar Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, Wakil Walikota Banjar, drg. Darmadji Prawirasetia, M.Kes., serta pejabat kedinasan di Pemkot Banjar. Sementara dari pihak Unpad hadir Dekan Fakultas Psikologi Unpad Dr. Hendriati Agustiani, M.Si., serta dua staf pengajar Fakultas Psikologi Unpad, Nurul Yanuarti, dra., M.Si., dan Yanti Rubiyanti, M.Psi.

Untuk kerja sama di wilayah Banjar, Rektor telah menugaskan tim yang diketuai oleh Dr. Hendriati. Tim yang dibentuk dari multidisiplin ilmu ini akan didampingi dengan dua orang Guru Besar untuk bekerja sama mengembangkan wilayah Kota Banjar.

“Banjar ini kami paham sudah banyak prestasi yang diraih dalam tata kelola pemerintahannya. Meningkatkan tata kelola yang sudah baik ini memang tidak mudah, harus keluar berbagai inovasi baru,” kata Rektor.

Secara mendasar, setiap tim yang ditugaskan akan memiliki tiga rumpun keilmuan, yakni Studi Pembangunan, Ilmu Pemerintahan, dan Administrasi Negara. Untuk keilmuan lainnya disesuaikan dengan kebutuhan spesifik setiap wilayah.

Baca juga: Mahasiswa Unpad Olah Limbah Kulit Jeruk Jadi Pembasmi Jentik Nyamuk

Untuk tahap awal pelaksanaan kerja sama, Ade mengatakan ada berbagai permasalahan dasar yang dapat dilakukan kerja sama. Permasalahan tersebut mencakup penguatan laju pertumbuhan ekonomi, mendorong penguatan pelayanan publik, hingga meningkatan kapasitas SDM.

“Kita banyak mendapat laporan dari masyarakat bahwa pelayanan publik di Kota Banjar masih kurang memuaskan. Untuk itu, kita berharap Unpad bisa mendorong penguatan tersebut,” kata Ade.

Sementara Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Banjar Ade Setiana menambahkan, kerja sama yang akan dilakukan berupa pengoptimalan berbagai kapasitas yang dimiliki oleh Kota Banjar, selain Sumber Daya Alam. Diakuinya, kerja sama ini begitu penting dilakukan mengingat Kota Banjar merupakan representasi Jawa Barat di kawasan perbatasan.

Selain sosialisasi tersebut, Rektor juga menyosialisasikan program beasiswa “Star Project” atas kerja sama Unpad dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Menurut Rektor, program ini merupakan penyelenggaraan pendidikan untuk 30 orang ahli pengelola keuangan. Program ini akan memberikan beasiswa studi di Program Magister Manajemen Unpad konsentrasi Manajemen Keuangan dan Manajemen Aset.

Terkait program tersebut Rektor berkomitmen bahwa penerima beasiswa ini akan difokuskan untuk perwakilan 27 Kota/Kabupaten di Jawa Barat. “Masing-masing kota/kabupaten akan mendapat jatah satu orang untuk program ini. Kita harapkan Kota Banjar dapat mempersiapkan SDM yang tepat,” kata Rektor.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh

Share this: