Regenerasi Kepemimpinan yang Baik Dukung Keberhasilan Pembangunan Desa

[Unpad.ac.id, 1/06/2016] Untuk meningkatkan pembangunan di pedesaan, khususnya di Jawa Barat, dibutuhkan adanya kepemimpinan (leadership) serta partisipasi masyarakat. Upaya ini diantaranya dapat dilakukan dengan adanya brain gain actors sebagai salah satu bentuk new leaders.

Para narasumber Seminar “Rural Leadership in Community Development” di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Rabu (1/06). (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Para narasumber Seminar “Rural Leadership in Community Development” di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Rabu (1/06). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

“Untuk mendukung di area pedesaan, dibutuhkan adanya brain gain actors,” kata Koordinator Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Unpad, Dr. Iwan Setiawan saat menjadi salah satu pembicara pada Seminar “Rural Leadership in Community Development” di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Rabu (1/06).

Dr. Iwan menyebutkan, upaya kepemimpinan pedesaan di Jawa Barat sendiri sudah dilakukan sejak tahun 1990an. Hingga kini, sudah banyak perkembangannya, yang diharapkan akan terus menghasilkan regenerasi kepemimpinan.

Selain Dr. Setiawan, seminar yang dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian Kepada Masyarakat, Kerja Sama, Inovasi, dan Usaha, Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt. ini juga menghadirkan pembicara R. Firman Nurtafiyana (Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (PEM) Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Jawa Barat), Jennifer Wainwright (ARLP Rep. Founder and Managing Director of Aux Venture), dan Peter McCrabb (ARLP Rep. Owner and Manager North Bundy Pastoral Company, Australian Wool Innovation).

Seminar ini digelar atas kerja sama Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unpad, Departemen Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Unpad dan Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Unpad dengan Australian Rural Leadership Foundation (ARLF). Kegiatan ini juga merupakan rangkaian terakhir Australian Rural Leadership Program (ARLP) yang dilaksanakan sejak 30 Mei 2016.

Selain menggambarkan kepemimpinan pedesaan di Indonesia, seminar ini juga memberikan gambaran mengenai kepemimpinan pedesaan di Australia. Dalam kesempatan tersebut, Jennifer Wainwright memberikan pemaparan mengenai pembiayaan agribisnis di pedesaan Australia, dan Peter McCrabb memaparkan mengenai pelibatan pemuda dalam pertanian, khususnya industri wol di New South Wales, Australia.*

Baca juga: Aqua Dwipayana: Sumber Daya Manusia Kunci Unpad Masuk Peringkat 500 Dunia

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh

Share this: