Rektor Resmikan Gedung Fakultas Ekonomi & Bisnis Unpad di Jatinangor

Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, menandatangani prasasti peresmian gedung Fakultas Ekonomi & Budaya Unpad di Jatinangor, Jumat (19/08). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 19/08/2016] Rektor Universitas Padjadjaran  Prof. Tri Hanggono Achmad, meresmikan Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpad, Jatinangor, Jumat (19/08). Menurut Rektor, kehadiran FEB Unpad di Jatinangor dapat semakin menguatkan sinergitas antar bidang ilmu di Unpad.

Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, menandatangani prasasti peresmian gedung Fakultas Ekonomi & Bisnis Unpad di Jatinangor, Jumat (19/08). (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, menandatangani prasasti peresmian gedung Fakultas Ekonomi & Bisnis Unpad di Jatinangor, Jumat (19/08). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

“Walaupun kita dapat berkomunikasi dengan berbagai pihak dimana saja, kita bisa mengatasi keterbatasan ruang dan waktu, tapi hubungan keterikatan fisik itu penting sekali sehingga hadirnya teman-teman FEB secara fisik di Jatinangor itu akan memberikan energi yang luar biasa,” kata Rektor.

Dalam mendorong pembangunan masyarakat misalnya, salah satu indikator kuatnya adalah sektor ekonomi.  Akan sulit bagi Unpad berkontribusi lebih kuat, jika tidak ada Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang secara pilar memiliki kekuatan ilmu ekonomi hadir secara langsung bersama dengan fakultas atau kekuatan ilmu lain yang ada di Unpad.

“Pasti ada sesuatu yang terasa kurang.  Maka mudah-mudahan dengan hadirnya teman-teman di sini, pilar tadi akan semakin lengkap,” harap Rektor.

Rektor pun mendorong FEB, bersama juga fakultas lain yang ada di Unpad, untuk dapat lebih memperhatikan kehidupan masyarakat, terutama di sekitar Jatinangor. Dengan PIP yang dimiliki, diharapkan kebersamaan Unpad dapat turut berkontribusi dalam meningkatkan kehidupan yang lebih baik lagi bagi masyarakat.

Hal senada disampaikan Rektor ketujuh Unpad,  Prof. Dr. Yuyun Wirasasmita, M.Sc. Ia pun berharap, keberadaan FEB Unpad dapat turut berkontribusi dalam mendukung program pemerintah Indonesia yang juga selaras dengan program yang tengah dijalankan Unpad, terutama dalam hal peningkatan potensi daerah. Salah satu sarannya, adalah menciptakan desa binaan di Jatinangor.

“Mudah-mudahan FEB bukan sekedar berada di sini, tetapi juga dapat bermanfaat bagi sekeliling,” harap Prof. Yuyun.

Adapun kampus baru FEB Unpad ini bernama LEAD Buildings, dimana terdiri dari 4 gedung yang masing-masing disebut sebagai gedung Lambda (L),  Epsilon (E), Alpha (A), dan Delta (D). Dalam Bahasa Inggris, “lead” juga berarti “memimpin”.

“Sehingga secara filosofis kami mengharapkan gedung baru ini akan menjadi tempat dimana mahasiswa FEB Unpad akan membangun kapasitas diri mereka untuk bertransformasi menjadi pemimpin-pemimpin baru yang amanah dan berkontribusi untuk masyarakat,” ungkap Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Inovasi dan Kerjasama FEB Unpad, Mohamad Fahmi, S.E,M.T.,Ph.D.

Gedung ini mulai dibangun pada pertengahan tahun 2014. Dengan luas bangunan 2.500 m2, gedung ini terdiri dari ruang perkuliahan, ruang kantor, ruang kegiatan kemahasiswaan, ruang seminar, dan ruang kerja dosen. *

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh

Share this: