BEM Faperta Unpad Sukses Gelar Agriculture Scientific Fair 2016

Para pemenang Agriculture Scientific Fair 2016 yang digelar BEM Faperta Unpad *

[Unpad.ac.id, 14/11/ 2016] Sebanyak 11 tim mahasiswa mengikuti Agriculture Scientific Fair (ASF) 2016 yang digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Padjadjaran  Bidang Kementerian Penalaran dan Keilmuan dan Kementerian Kajian Strategis, di Kampus Unpad, 27-30 Oktober 2016 lalu. ASF merupakan acara tahunan BEM Faperta Unpad sejak tahun 2015, dan tahun ini mengangkat tema“Integrasi Anak Bangsa untuk Pembangunan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas 2045”.

Para pemenang Agriculture Scientific Fair 2016 yang digelar BEM Faperta Unpad *
Para pemenang Agriculture Scientific Fair 2016 yang digelar BEM Faperta Unpad *

ASF 2016 digelar dengan harapan dapat meningkatkan partisipasi mahasiswa Indonesia untuk menjadi agen perubahan dan inovator dalam memainkan kontribusi penting serta  signifikan untuk menerapkan konsep-konsep pembangunan berkelanjutan dan juga aplikasinya. Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan ASF 2016 adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Lomba Debat, dan Lomba Poster.

Berhasil menjadi juara pertama dalam LKTI adalah tim Reklamasi dari Unpad. Sementara itu, berada di posisi kedua adalah Tungku Osamtu dari Universitas Mataram dan posisi ketiga diraih oleh Panton House dari Universitas Negeri Semarang.

Pada Lomba Debat, Universitas Pasundan berhasil menjadi pemenang dan meraih predikat sebagai Best Debate Team, dan Best Debate Speaker berhasil diraih Apip Nurdin dari Institut Pertanian Bogor. Untuk Lomba Poster, berhasil meraih juara adalah Universitas Negeri Semarang.

Selain itu, ASF 2016 juga menyelenggarakan Seminar Nasional di Bale Sawala, Unpad, Jatinangor, pada Sabtu (29/10). Seminar ini menghadirkan Dr. Sc. Agr. Agung Karuniawan, M.Sc.Agr yang merupakan Dosen Fakultas Pertanian Unpad selaku Keynote Speaker.

Turut hadir sebagai pembicara pada seminar tersebut adalah Direktur Pengembangan Agribisnis Pasar Komoditi Nasional Indonesia Ir. H. Soekam Parwadi yang  menyampaikan materi dengan tema Pentingnya Penguasaan Pasar Nasional maupun Internasional  bagi Produk-produk Pertanian Domestik, Anggota DPR-RI periode 2014-2019 H.  Oo Sutisna yang menyampaikan materi dengan tema Dukungan Legislatif Dalam Menyongsong Pembangunan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas 2045, dan Dosen Faperta Unpad Dr. Iwan Setiawan, SP., MSi yang menyampaikan materi dengan tema Strategi Akademisi Menyongsong Indonesias Emas 2045.

Pada hari terakhir, para peserta mengikuti Excursion Day di Saung Angklung Udjo, Bandung. Para peserta diajak memainkan alat musik angklung yang sudah diakui secara internasional oleh UNESCO. Usai bertandang ke Saung Udjo, peserta pun berangkat menuju kawasan Asia Afrika dan Braga City Walk sebagai penutup acara Agriculture Scientific Fair 2016. *

Rilis oleh: BEM Faperta Unpad / art

Share this: