Ingin Jadi Dokter yang Baik, Vanessa Natasha Harjito Raih Wisudawan Terbaik Program Sarjana

Vanessa Natasha Harjito. (Foto:Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 8/02/2017] Vanessa Natasha Harjito dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran terpilih menjadi Wisudawan Terbaik Program Sarjana pada Wisuda Lulusan Gelombang II Tahun Akademik 2016/2017. Ia lulus Sarjana Kedokteran dengan IPK 3,98 dan masa studi 3,5 tahun. Vanessa diwisuda pada pelaksanaan wisuda sesi III di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Rabu (8/02).

Vanessa Natasha Harjito. (Foto:Tedi Yusup)*
Vanessa Natasha Harjito. (Foto:Tedi Yusup)*

 

Ditemui usai pelaksanaan wisuda, Vanessa mengaku tidak menyangka akan mendapatkan predikat tersebut. Menurutnya, prestasi ini merupakan buah keberhasilan yang didapat dari berbagai upaya terbaiknya selama kuliah. Vanessa pun merasa prestasi ini diraih atas dukungan berbagai pihak, termasuk teman, dosen, dan keluarga.

“Bagi saya, untuk mendapat nilai bagus tidak perlu belajar yang serius terus-terusan, tetapi bisa mengimbangi dengan segalanya seperti berkumpul bersama teman dan keluarga. Tidak boleh lupa juga kalau itu juga dukungan dari semua orang. Jadi tidak mungkin orang hebat itu karena diri sendiri,” ujar Vanessa.

Selama kuliah, Vanessa juga aktif mengikuti berbagai kegiatan organisasi kemahasiswaan di FK Unpad. Organisasi yang ia ikuti yaitu Center for Indonesian Medical Student Activities (CIMSA), Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK), dan Protokoler FK Unpad. Vanessa mengaku banyak ilmu dan pengalaman yang diperoleh dari organisasi kemahasiswaan, seperti bagaimana mengelola organisasi dan cara menghadapi banyak orang.

Perempuan kelahiran Bandung, 31 Mei 1995 ini juga mengungkapkan, berdiskusi bersama teman merupakan cara belajar yang paling efektif baginya. Bersama teman-temannya, tidak ada keegoisan bahwa seseorang merasa lebih hebat dari orang lainnya. Vanessa dan teman-temannya berusaha saling membantu satu sama lain dalam belajar.

“Biasanya kalau ada yang enggak ngerti, kumpul, berdiskusi. Apalagi kalau mau mendekati ujian, kami suka berkumpul dan diskusi, kalau ada yang enggak ngerti minta jelasin ke yang ngerti. Saling melengkapi gitu lah,” ujar Vanessa.

Meski mayoritas perolehan nilainya A, Vanessa mengaku tidak terlalu mengejar target nilai terbaik tersebut. Baginya, yang terpenting ia mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk mengantarnya menjadi seorang dokter yang baik, yaitu dokter yang berilmu dan beretika.

“Pokoknya jangan ‘saya lulus tapi saya tidak dapat apa-apa’. Takutnya nanti saya jadi dokter malah mencelakakan orang karena saya tidak memiliki ilmu yang seharusnya saya miliki. Goal saya adalah saya bisa menjadi dokter yang baik. Jadi saya berusaha untuk kesitu,” kata Vanessa.

Putri pasangan dr. Budi Siswanto, Sp.S dan Dra. F. A. Lanny Siswanto ini mengungkapkan bahwa ia tertarik menjadi dokter karena terinspirasi dari ayahnya yang seorang dokter dan dapat mendeteksi penyakit seseorang. Menjadi dokter pun ia nilai dapat menolong masyarakat. “Saya jadi kagum dan ingin menolong orang seperti itu,” ungkapnya.

Saat ini, Vanessa sedang melanjutkan studinya di Program Profesi Pendidikan Dokter FK Unpad. Kedepannya, ia pun ingin melanjutkan ke pendidikan spesialis dan mengabdi untuk masyarakat.

Kepada mahasiswa Unpad yang ingin berprestasi, Vanessa pun berpesan agar senantiasa melakukan yang terbaik untuk hasil yang terbaik pula. Selain itu, juga jangan lupa untuk selalu berdoa, dan tidak pernah merasa bahwa kita bisa hebat karena diri sendiri, melainkan karena adanya dukungan dari berbagai pihak.

“Kalau saya sih motto hidupnya harus senantiasa mendengarkan masukan dari orang lain. Karena kita jadi orang kan enggak sempurna juga, masih banyak kekurangan. Coba bangun diri dengan mendengar masukan orang lain,” ujar Vanessa.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / am

Share this: