Guru Besar FH Unpad, Prof. Bagir Manan Terima Bintang Mahaputera Adipradana dari Presiden RI

[unpad.ac.id, 16/08/2017] Guru Besar Ilmu Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Unpad, Prof. Dr. Bagir Manan, S.H., MCL., menerima penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam rangka HUT Kemerdekaan ke-72 RI. Penghargaan tersebut disampaikan pada Selasa (15/8) di Istana Merdeka Jakarta. Penghargaan ini diberikan oleh Presiden RI untuk menghargai mereka yang secara luar biasa menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Prof. Dr. Bagir Manan, S.H., MCL., menerima penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (15/8). (Foto: Sekretariat Presiden)

Prof. Bagir Manan tercatat sebagai Ketua Mahkamah Agung RI Periode Tahun 2001 – 2008. Beliau juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pers Tahun 2010-2016, dan menjadi Hakim Agung di Tahun 2000-2008 serta Anggota Komisi Ombudsman Nasional di Tahun 2000.

Pada kesempatan tersebut, selain Prof. Bagir Manan, Presiden juga memberikan penghargaan yang sama kepada Anggota Dewan Pertimbangan Presiden periode 2014-2017 alm. Hasyim Muzadi. Presiden juga memberikan penghargaan Bintang Mahaputera Utama diberikan kepada Ketua MA bidang Yudisial 2004-2008 Marianna Sutadi. Bintang Jasa Utama diberikan ke Wakil Gubernur Kalimantan Barat periode 2008-2013 dan 2013-2018 Christiandy Sanjaya. Bintang Penegak Demokrasi diberikan kepada Komisioner Komisi Pemilihan Umum RI periode 2012-2017 Hadar Nafis Gumay. Terakhir, Bintang Budaya Parama Dharma diberikan ke almarhum Soerjatmoko (filsuf, pendidik) almarhum Dullah (pelukis) dan Toety Heraty Noerhadi Roosseno (penulis).

Berkenaan dengan penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana yang diterima Prof. Bagir Manan tersebut, Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad beserta civitas academica dan tenaga kependidikan di lingkungan Universitas Padjadjaran mengucapkan selamat. Semoga penghargaan ini menjadi inspirasi dan teladan bagi seluruh civitas academica Unpad dalam rangka pengabdian kepada bangsa dan masyarakat.

 

Laporan oleh Marlia

Share this: