Unpad Lakukan Kerja Sama Pengembangan Kurikulum Pendidikan dengan Massachusetts Institute of Technology

[unpad.ac.id, 22/11/2018] Universitas Padjadjaran saat ini mulai mengembangkan kerja sama akademik dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat. Kerja sama tersebut dilakukan untuk menjawab tantangan yang dihadapi sistem pendidikan dalam revolusi industri 4.0.

Piagam kolaborasi Universitas Padjadjaran dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat. Kerja sama dilakukan untuk menjawab tantangan yang dihadapi sistem pendidikan dalam revolusi industri 4.0.*

Sejak September 2018 lalu, Unpad menjadi anggota dari lembaga Abdul Latif Jameel World Education Lab (J-WEL), sebuah lembaga pada MIT yang melakukan inisiasi dalam mengembangkan sistem pendidikan di dunia. Dengan bergabungnya Unpad dalam keanggotaan J-WEL, akan ada sejumlah aktivitas kolaborasi yang dilakukan oleh kedua belah pihak terkait pengembangan kurikulum pendidikan.

Kegiatan yang telah dilakukan salah satunya adalah keikutsertaan dua dosen Unpad dalam lokakarya (workshop) pengembangan kurikulum di MIT Boston. Mereka adalah Ida Widianingsih, M.A., PhD. dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mewakili bidang ilmu sosial serta Zahrotur Rusyda Hinduan,S.Psi., MOP, Ph.D dari Fakultas Psikologi mewakili bidang ilmu eksakta.

“Pengembangan sistem pendidikan sangat penting dilakukan untuk menjawab berbagai tantangan dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Jika sistem pendidikan tidak berkembang, lulusan akan sulit berkompetisi dalam menjawab kebutuhan dunia saat ini,” ujar Wakil Rektor Bidang Tata Kelola, Perencanaan, dan Sistem Informasi Dr. Sigid Suseno, SH., M.Hum saat dihubungi Kamis (22/11).

Selain pengembangan kurikulum, kerja sama Unpad dengan MIT juga diperkuat dengan aktivitas penelitian bersama terkait lingkungan. Salah satunya adalah dengan mendatangkan Direktur Environmental Solutions Initiative MIT Prof. John E. Fernandez. Bersama Unpad, Prof. John yang saat ini memimpin proyek “MIT Urban Metabolism” akan melakukan studi analisis di DAS Citarum.

Baca juga:  Galeri Foto: Wisuda Gelombang II TA 2013/2014

Pada tanggal 16 November 2018 lalu, Prof. John memberikan kuliah umum kepada sivitas akademika Unpad bertajuk “Human, Cities, and Environment” .*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am