Buka Pendidikan Dokter, Unpas Jalin Kerja Sama dengan Unpad

[unpad.ac.id, 23/1/2018] Universitas Pasundan (Unpas) menggandeng Universitas Padjadjaran untuk mengawal proses pembukaan Fakultas Kedokteran di kampus tersebut. Kerja sama diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman antara Unpas dengan Unpad di ruang Executive Lounge gedung Rektorat kampus Jatinangor, Rabu (23/1).

 

 Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad bersama Rektor Universitas Pasundan Prof. Dr. Eddy Jusuf Sp, M.Si., menandatangani Nota Kesepahaman kerja sama Unpas dan Unpad di ruang Executive Lounge gedung Rektorat kampus Jatinangor, Rabu (23/1). (Foto: Tedi Yusup)*

Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan oleh Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad dengan Rektor Unpas Prof. Dr. Eddy Jusuf Sp, M.Si. Acara penandatanganan tersebut dihadiri Ketua Umum PB Pasundan Prof. Dr. HM Didi Turmudzi, pimpinan Unpas, tim pembentukan FK Unpas, serta sejumlah pimpinan Unpad.

Rektor mengatakan, upaya Unpas untuk membuka Fakultas Kedokteran diharapkan dapat berkontribusi bagi pembangunan Indonesia di aspek pelayanan kesehatan. Saat ini, sektor pelayanan kesehatan menghadapi tantangan yang kompleks.

“Berdirinya Fakultas Kedokteran itu pasti harus punya daya dukung kuat terhadap layanan kesehatan,” kata Rektor.

Secara umum, FK berperan untuk menyiapkan tenaga ahli kesehatan. Namun, lanjut Rektor, saat ini tantangannya tidak hanya sekadar menyiapkan sumber daya manusia. Sektor pendidikan pun dirasa belum memberikan respons terhadap tantangan pelayanan kesehatan.

Untuk itu, sebagai perguruan tinggi yang akan mengembangkan pendidikan sektor kesehatan, Unpas harus mampu mengantisipasi tantangan diversifikasi pelayanan kesehatan. Salah satu antisipasinya adalah menyiapkan kurikulum pendidikan yang sesuai tantangan pasar.

“Kalau ada FK yang kurikulumnya sejak 2010 tidak ada perubahan sampai sekarang, itu harusnya tanda tanya besar,” ujarnya.

Adanya kerja sama ini, Unpas dan Unpad diharapkan dapat merancang proses pendidikan yang siap untuk masa depan. “Ini momentum baik, kami (Unpad) pun yang sudah berpuluh tahun berdiri sedang berupaya merancang aspek seperti ini,” tambah Rektor.

Sebagai perguruan tinggi yang lahir dari tanah Sunda, hadirnya FK Unpas diharapkan dapat meningkatkan sektor pelayanan kesehatan di Jawa Barat sekaligus mendekatkan akses pendidikan kedokteran kepada masyarakat.

Sementara itu, Prof. Eddy mengapresiasi komitmen Unpad dalam mendukung pembukaan FK di Unpas. “Ini momentum sejarah yang berharga. Unpad bisa mengawal dan membumikan impian kami untuk mendirikan FK,” ujarnya.

Selain penandatanganan Nota Kesepahaman, dilakukan juga penandatanganan Perjanjian Kerja Sama oleh Dekan FK Unpad Dr. med. Setiawan, dr., dengan Wakil Rektor Bidang Akademik Unpas Dr. H. Jaja Suteja, S.E., M.Si.*

Laporan oleh Arief Maulana

 

Share this: