Gelar Konferensi Internasional, Unpad Hadirkan Para Pemerhati Pangan dan Bioindustri

[unpad.ac.id, 1/8/2019] Universitas Padjadjaran menjadi fasilitator penyelenggara pada “International Conference on Food and Bioindustry 2019” di Puri Setiabudhi Residence, Bandung, 29 dan 30 Juli lalu. Seminar ini mengangkat tema  “Indonesia Towards Leading Agroindustry in Local Wisdom-Based Food and Bioenergy Sovereignity”.

Suasana “International Conference on Food and Bioindustry 2019” di Puri Setiabudhi Residence, Bandung, 29 dan 30 Juli lalu.*

Ketua Penyelenggara Robi Andoyo, Ph.D menyampaikan, tema yang diangkat diharapkan memberikan gambaran kepada para pemerhati pangan dan bioindustri terkait bagaimana aplikasi ilmu dan teknologi dalam mengatasi masalah ketahanan pangan dan energi. Terselenggaranya acara ini juga didukung Universitas Pasundan, Universitas Al Ghifari, Institut Teknologi Bandung, Universitas Garut serta SAFE Network.

Lebih lanjut Robi mengatakan, seminar ini merupakan bagian dari agenda rutin Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) dan Asosiasi Agroindustri Indonesia (Agrin).

Konferensi ini menghadirkan dua pembicara utama, yaitu Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI Dr. Agung Hendriadi dan Dr. Zuzy Anna Direktur Eksekutif SDGs Center Unpad.

Pembicara lainnya yaitu Dr. rer. nat. Sonja Kleinertz (Universitas Rostock, Jerman), Prof. Nobutaka Ito dari (Universitas Chiang Mai, Thailand), Prof. Yazid Bindar, Ph.D (Depertemen Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Bandung),  Ir. Alik Sutaryat (Yayasan Aliksa Organic SRI dan Penulis Padi SRI Organik), Prof. Dr. Taufiq Yap Yun Hin (Universitas Putra Malaysia), serta Mr. Hatami Nugraha (PT. Cinquer Agro Nusantara).

Para peneliti, ilmuwan, praktisi, NGO, profesional terkait dari seluruh Indonesia dan negara-negara Asia, seperti Malaysia, Thailand, Filipina dan Srilanka ikut berpartisipasi dalam seminar. Acara juga dihadiri 250 delegasi berbagai lembaga seperti Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Koordinator Perekonomian, perguruan tinggi, BPPT, professional industri, UKM, dan perwakilan industri makanan.

Total terdapat 115 presentasi lisan dan 74 poster yang ditampilkan. Seminar ini juga menggelar kegiatan lain, seperti pertemuan tahunan PATPI, Food Exhibition and Food Business Forum, dan PATPI Award pertama yang sepenuhnya didukung Badan Keamanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian RI.*

Rilis/tia

 

Share this: