Dies Natalis ke-61, Rektor Harapkan FIB Unpad Semakin Berkontribusi di Tingkat Internasional

[unpad.ac.id, 31/10/2019] Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran menggelar acara peringatan Dies Natalis ke-61 di Aula Pusat Studi Bahasa Jepang (PSBJ) kampus FIB Unpad, Jatinangor, Kamis (31/10).

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE., menandatangani prasasti peresmian ruang kerja dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unpad di sela acara peringatan Dies Natalis ke-61 FIB Unpad di Aula Pusat Studi Bahasa Jepang FIB Unpad, Jatinangor, Kamis (31/10). (Foto: Arief Maulana)*

Pada kesempatan tersebut, Dekan FIB Unpad Yuyu Yohana Risagarniwa, PhD, menyampaikan pidato terkait Dies Natalis ke-61. Berbagai capaian telah diraih FIB Unpad seperti peningkatan prestasi sivitas akademika di kancah nasional dan internasional, kerja sama dengan berbagai instasi dari dalam dan luar negeri, capaian akreditasi program studi, hingga berbagai kegiatan pendidikan, peneltian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Dengan perjalanan lebih dari enam dekade, FIB Unpad telah menjadi bagian dari Universitas Padjadjaran dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945,” ujar Yuyu.

Rektor pun mengapresiasi berbagai capaian yang telah diraih oleh fakultas. Diharapkan, FIB Unpad mampu meningkatkan inovasi di kancah internasional. Selain itu, FIB Unpad juga dapat terus menghadapi tantangan perkembangan zaman, di antaranya melalui penguasaan teknologi komunikasi informasi.

“Karya berikutnya ditunggu, bukan hanya oleh Unpad, tapi oleh Jawa Barat, oleh Indonesia, dan oleh masyarakat dunia. Dengan demikian Unpad memang betul-betul diakui, bukan hanya dari sisi ranking, bukan dari akreditasi, memang kita punya karya yang murni original adalah hasil desain dari stakeholders Unpad semua,” ujar”Rektor.

Dikatakan Rektor, Unpad berkomitmen untuk berkontribusi dalam mencetak sumber daya manusia unggul di Indonesia emas 2045, yang tidak hanya memiliki ilmu pengetahuan, tetapi juga memiliki keterampilan dan karakter. Di dalam karakter ini adalah budaya.

“Jadi budaya dalam arti yang luas itu tidak hanya miliki Fakultas Ilmu budaya, tapi budaya dalam arti yang luas itu adalah harus dimiliki oleh seluruh SDM Unpad,” ujar Rektor.

 

Dalam acara Dies Natalis FIB Unpad tersebut, Rektor meresmikan ruang kerja dosen di lingkungan FIB Unpad. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Rektor serta disaksikan langsung oleh Dekan FIB Unpad.

Acara utama peringatan Dies Natalis ke-61 FIB Unpad diisi orasi ilmiah Duta Besar Republik Indonesia untuk Polandia Dra. Siti Nugraha Mauludiah, MIA, dengan judul “Diplomasi Budaya Indonesia dalam Kancah Internasional”.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am