Mahasiswa Bidikmisi dan Afirmasi Unpad Ikuti Sejumlah Pelatihan Minat dan Bakat

[unpad.ac.id, 30/10/2019] Mahasiswa Universitas Padjadjaran peneriman Bidikmisi dan Afirmasi 2019 kembali mengikuti pelatihan untuk mewadahi minat dan bakat di sejumlah lokasi di kampus Jatinangor, Selasa (29/10). Pelatihan ini digelar sebagai tindak lanjut dari kegiatan “Self Development Training” yang sukses digelar awal Oktober lalu.

Suasana salah satu pelatihan peminatan yang diikuti mahasiswa Universitas Padjadjaran peneriman Bidikmisi dan Afirmasi 2019 di kampus Jatinangor, Selasa (29/10).*

Pelatihan kedua yang digelar terbagi ke dalam tujuh bidang, antara lain: Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), adiwacana (public speaking), kewirausahaan, pengembangan diri, ekonomi kreatif nirlimbah, Green Campus, hingga manajemen inovasi.

Dalam rilis yang diterima Kantor Komunikasi Publik Unpad disebutkan, salah satu bidang pelatihan, yaitu PKM, digelar di ruang Lecture 1 Fakultas Keperawatan Unpad, Jatinangor. Peminatan PKM difokuskan pada pelatihan PKM-Karsa Cipta (KC), PKM-Gagasan Tertulis (GT) dan PKM-Kewirausahaan (K).

Pelatihan PKM ini bertujuan mengupas secara lugas urgensi dan filosofi PKM bagi mahasiswa. Pelatihan ini diampu oleh dua dosen Unpad, yaitu Dr. Hery Wibowo, S.Psi., MM., dan Dr. Mohamad Nurzaman.

Sementara pelatihan adiwacana (public speaking) diampu oleh dosen yang juga Manajer Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad Agus Setiaman, M.Si., di Gedung 4 kampus Fikom Unpad, Jatinangor. Pada pelatihan ini, peserta dibekali materi prinsip dasar public speaking, teori dan praktik, serta teknik berbicara efektif di depan publik.

Pada pelatihan kewirausahaan yang digelar di di Auditorium Fakultas Farmasi Unpad, Manajer Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Farmasi Nasrul Wathoni, PhD, Apt.,, menjadi narasumber. Dalam acara ini, mahasiswa diarahkan untuk membangun sebuah usaha rintisan. Mahasiswa juga diminat berkelompok untuk merancang model bisnis kanvas.

Pelatihan Green Campus dan Ekonomi Kreatif Nirlimbah sendiri digelar di kampus Fakultas Teknik Geologi, dengan pembicara Dr. Atikah Nurhayati, S.P., M.P., Dr. Cipta Endyana, ST., MT., dan Nanda Natasia, ST., MT.

Kedua pelatihan ini membahas mengenai model kampus berwawasan lingkungan. Salah satu model yang dibahas adalah pengolahan sampah organik. Proses ini akan menghasilkan produk dari limbah yang memiliki nilai ekonomi.

Adapun pelatihan manajemen inovasi akan digelar pada Selasa (5/11) mendatang, sedangkan pelatihan pengembangan diri akan digelar pada Kamis (7/11).*

Rilis: Moch Rizqi Hijriah/am

Share this: