Organisasi Student Energy, Dorong Mahasiswa Sadar Energi Baru Terbarukan

Organisasi Student Energy di Universitas Padjadjaran.*

[unpad.ac.id, 10/12/2019] Sebagai sarana edukasi, khususnya kepada mahasiswa terkait peran yang dapat dilakukan intitusi pendidikan untuk mengatasi permasalahan energi, Student Energy Universitas Padjadjaran menggelar “Renewable Energy Talk (RE-Talk)” di Aula Geofisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unpad, 28 November 2019 lalu.

Organisasi Student Energy di Universitas Padjadjaran.*

Mengusung tema “Implementasi Teknologi Energi Terbarukan untuk Mendukung Green Campus“. “RE-Talk” menghadirkan pembicara Sunardi, M.Si.,Ph.D. yang merupakan dosen Biologi FMIPA Unpad dan dosen Teknik Elektro FMIPA Unpad Dr. Nanang Rohadi, M.T.

“Menyoroti kebutuhan energi baru terbarukan, tentunya perlu adanya persiapan untuk menjawab kebutuhan tersebut. Jika ditinjau dari potensinya, potensi sumber energi terbarukan di Indonesia dinilai masih cukup tinggi,” ujar Deputy of Public Relations Student Energy Unpad Dwiki Danang Kuncoro.

Dikatakan Dwiki, mengembangkan energi ramah lingkungan bukan hanya tugas pemerintah. Perlu ada peran dari berbagai pihak, salah satunya institusi pendidikan.

“Melihat kebutuhan ini, Student Energy Unpad ingin membantu pelaksanaan implementasi transisi ke Energi Baru Terbarukan yang dimulai dari Unpad, salah satu tahapannya ialah edukasi dan penyadaran yang dilakukan melalui kegiatan RE-Talk,” imbuh Dwiki.

Tentang Student Energy Unpad

Student Energy sendiri merupakan organisasi nonpemerintah yang bergerak di bidang energi. Tujuannya untuk membantu percepatan transisi energi menuju ke arah pengelolaan energi yang berkelanjutan. Saat ini Student Energy telah memiliki 38 chapter yang tersebar di berbagai belahan dunia, salah satunya di Unpad.

Student Energy di Unpad hadir sejak Februari 2019 dengan visi mendukung transisi menuju energi yang terjangkau, bersih, dan berkelanjutan. Organisasi ini terbuka bagi mahasiswa Unpad yang ingin bergabung, yaitu mereka yang memiliki keinginan untuk belajar mengenai isu energi global dan berkomitmen untuk menebarkan dampak positif terhadap lingkungan sekitar.

Salah satu program yang diusung oleh Student Energy Unpad pada tahun ini adalah pengembangan sepeda listrik yang diberi nama “Easy Bike”. Pada saat ini Easy Bike sedang berada pada tahap pembuatan prototipenya. Selain itu, juga dilakukan pengembangan pembuatan stasiun pengisian yang bekerja sama dengan PRINT-G Universitas Padjadjaran dan terintegrasi dengan sumber energi surya.

“Sehingga diharapkan Easy Bike dapat menjadi kendaraan yang ramah lingkungan untuk kampus Unpad ke depannya,” harap Dwiki.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

 

 

 

 

 

 

Share this: