“Bulan Nyapedah”, i-Go Unpad Ajak Warga Unpad Bersepeda 2.500 km

Laporan oleh Arif Maulana

[unpad.ac.id, 18/2/2020] Komunitas sepeda “Ikatan Goweser Unpad” (i-Go Unpad) akan menggelar program bulan bersepeda di kampus Unpad pada Maret 2020 mendatang. Program bertajuk “Bulan Nyapedah” ini berlangsung mulai 2 – 31 Maret mendatang.

Ketua i-Go Unpad Dr.med. Setiawan, dr., menjelaskan, “Bulan Nyapedah” merupakan inisiasi i-Go Unpad untuk mendorong kebiasaan dan budaya bersepeda di kampus Unpad. Program ini ditujukan bagi dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, serta warga Unpad seluruhnya.

“Diharapkan ada kesadaran dan praktek warga Unpad untuk lebih aktif bergerak. Bisa berjalan, berlari atau bersepeda,” ujar Dr. Setiawan yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Unpad tersebut.

Setiap harinya, peserta akan mengelilingi rute jalan di kampus Unpad di Jatinangor dengan jarak tempuh sekira 5,7 kilometer. Dr. Setiawan menargetkan, setiap harinya kegiatan ini akan diikuti minimal 20 peserta. Jika diakumulasikan, setiap harinya tercapai jarak tempuh sebesar 114 kilometer, sehingga total jarak tempuh selama 25 hari kerja tercapai sekira 2.500 kilometer.

Selain mendorong kebiasaan untuk bergerak, program ini juga berupaya mendukung perwujudan visi i-Go Unpad yaitu “Unpad Sehat-Langit Biru”. “Diharapkan ada political will untuk mengurangi kendaran bermotor ke dan di dalam kampus Unpad,” tambah Dr. Setiawan.

Lebih lanjut Dr. Setiawan menjelaskan, bagi warga Unpad yang ingin mengikuti program ini bisa mendaftar lewat tautan http://bit.ly/38Pd2bg. Sementara untuk melihat rute bersepeda bisa dilihat pada tautan http://bit.ly/RuteBNU.

i-Go Unpad sendiri merupakan komunitas bersepeda sukarela yang digagas oleh sejumlah dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Unpad. Agenda komunitas ini adalah menyelenggarakan kegiatan bersepeda untuk meningkatkan status kesehatan dan berkontribusi untuk lingkungan bersih dan bebas polusi.

Hingga saat ini, i-Go Unpad tidak hanya melakukan gowes di kampus Unpad. Komunitas ini juga pernah gowes bersama dengan sejumlah kolega lain di luar Jawa Barat. Info lebih lanjut mengenai komunitas ini bisa dilihat di http://igo.unpad.ac.id/ dan pendaftaran anggota di http://bit.ly/iGowes.*

Share this: