Antisipasi Penyebaran Virus Korona, Ini Imbauan Rektor bagi Warga Unpad

Logo Unpad.*

Laporan oleh Arif Maulana

 

[unpad.ac.id, 3/3/2020] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE., mengimbau seluruh warga Unpad untuk siaga terhadap penyebaran wabah virus Korona atau Coronavirus Disease (Covid 19). Saat ini, dilaporkan sedikitnya 2 warga dalam negeri dinyatakan positif terpapar virus Korona.

(baca juga:Ancaman Virus Corona: Tetap Tenang dan Jaga Kesehatan

Melalui Surat Edaran Nomor 529/UN6.RKT/TU/202o tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Coronavirus Disease (Covid 19) di Lingkungan Universitas Padjadjaran, ada empat imbauan yang disampaikan Rektor. Imbauan pertama adalah menangguhkan semua perjalanan dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan ke luar negeri. Penangguhan dilakukan untuk keperluan yang sekiranya dapat ditunda.

“Penangguhan dilakukan terutama ke dan dari negara-negara yang terdampak Covid-19,” tulis Rektor.

Imbauan kedua, yaitu, bagi yang baru datang dari negara yang terdampak Korona, termasuk tamu dan mahasiswa asing, diimbau untuk membatasi interaksi dengan orang lain selama 14 hari pasca-kedatangan ke Indonesia. Jika dalam 14 hari terindikasi mengalami gejala Korona, seperti demam, batuk, pilek, dan sesak pernapasan, disarankan untuk melakukan pemeriksaan diri ke Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, serta melapor ke Direktorat Sumber Daya Manusia Unpad.

Imbauan ketiga, Rektor mendorong sivitas akademika, tenaga kependidikan, hingga tamu dan mahasiswa asing mengaplikasikan Gerakan Masyarakat Sehat, antara lain mengonsumsi makanan sehat, mencuci tangan menggunakan sabun dan/atau pembersih tangan berbasis alkohol. Selain itu, warga Unpad diminta untuk mengenakan masker selama berada di pusat keramaian, dalam kampus, serta angkutan kampus.

Terakhir, warga Unpad diminta meningkatkan literasi pengetahuan terkait bahaya virus Korona. Menjaga kebersihan lingkungan kerja merupakan salah satu bagian dari aktivitas kesiapsiagaan menghadapi virus Korona.*

Share this: