Rilis

Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran meraih juara di acara Tirtayasa National Paper Competition (2020) di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Cilegon, 7 -10 Februari lalu.*

[unpad.ac.id, 2/3/2020] Tiga mahasiswa Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran, Zaki Ali Fahrezi, Saeful Anwar, dan Bram Nthanael meraih dua juara di acara Tirtayasa National Paper Competition (2020) di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Cilegon, 7 -10 Februari lalu.

Tirtayasa National Paper Competition merupakan gelaran kompetisi Karya Tulis Ilmiah (KTI) tingkat nasional berbasis inovasi teknologi. Kegiatan ini diselenggarakan setiap tahun di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pada tahun ini, kegiatan mengangkat tema “Pengembangan Riset & Teknologi Untuk Memantapkan Revolusi Industri 4.0 di Indonesia”.

Kegiatan ini diikuti oleh 49 tim dari seluruh perguruan tinggi se-Indonesia. Dari 49 tim tersebut, dan terpilih 10 tim untuk melanjutkan presentasi pada tanggal 7-10 Februari 2020.

Delegasi Unpad sendiri membawakan judul “Ocean Cleaner dengan Mikrocontroller IOT (Internet Of Things) sebagai solusi Pembersih Lingkungan Laut” dengan dosen pembimbing Subiyanto, P.hD.

Saeful menjelaskan, Ocean Cleaner merupakan alat yang dirancang untuk mengatasi permasalahan sampah laut/marine debris di perairan laut Indonesia maupun dunia. Saat ini, sampah laut merupakan isu global yang masih kompleks ditangani.

“Ocean Cleaner memanfaatkan tenaga angin dan berbasis microcontroller IOT sebagai alat monitoringnya, sehingga kita tidak perlu ke lokasi untuk membersihkannya, cukup dengan memonitoring via website atau telepon seluler,” kata Saeful.

Pada kompetisi tersebut, tim Unpad berhasil meraih juara 1 dan juara umum.(am)*

 

Baca juga: Konsisten dan Tertib Administrasi, Unpad Raih Penghargaan dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Jabar

Share this: