Prof. R. H. Husen Djajasukanta, M.Sc., PhD., Berpulang

Laporan oleh Arif Maulana

Prof. R. H. Husen Djajasukanta, M.Sc., PhD. (Foto: Kantor Komunikasi Publik Unpad)*

[unpad.ac.id, 1/3/2020] Universitas Padjadjaran kembali kehilangan salah seorang putra terbaiknya. Guru Besar Emeritus dari Fakultas Pertanian, Prof. R. H. Husen Djajasukanta, M.Sc., PhD, meninggal dunia dalam usia 87 tahun di Rumah Sakit Salamun, Bandung, pada Minggu (1/3) sekira pukul 04.30 WIB.

Prof. Husen lahir di Bandung, 26 Februari 1933. Pendidikan terakhir almarhum adalah Doktor dari Michigan State University, Amerika Serikat pada 1979.

Selama pengabdiannya di Faperta Unpad, almarhum pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Pertanian Unpad periode 1970 – 1972.

Selain itu, almarhum juga berjasa dalam pengembangan Program Pascasarjana yang dikelola di Faperta. Pada akhirnya menjadi embrio bagi pengembangan Program Pascasarjana di Unpad. Tercatat, Prof. Husen menjabat sebagai ketua Sub Panitia Program Pascasarjana pada 1979.

Kemudian, pada 1983, program Pascasarjana Unpad secara fundamental berubah menjadi Fakultas Pascasarjana Unpad. Pengelolaannya tidak lagi dilakukan oleh Faperta. Prof. Husen sendiri menjabat sebagai dekan pertama Fakultas Pascasarjana Unpad  yang kemudian berubah menjadi Direktur Program Pascasarjana Unpad.

Almarhum mendapat penghormatan terakhir lewat upacara pelepasan yang digelar di Masjid Al-Jihad kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Minggu (1/3). Usai pelepasan, almarhum langsung dibawa untuk dikebumikan di komplek pemakaman di Cihideung, Bandung.*

 

 

Share this: