Mahasiswa FH Unpad Raih Penghargaan di Kompetisi Peradilan Semu Internasional

Rilis

Delegasi Fakultas Hukum Unpad di ajang The 17th Annual Willem C. Vis (East) International Commercial Arbitration Moot, 22-29 Maret lalu.*

[unpad.ac.id, 20/4/2020] Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran kembali menorehkan prestasi meski di tengah pandemi Coronavirus (COVID-19). Kali ini tim FH Unpad berhasil mendapatkan “Honorable Mention Award For The Respondent Memorandum” di ajang The 17th Annual Willem C. Vis (East) International Commercial Arbitration Moot, 22-29 Maret lalu.

Ajang The 17th Annual Willem C. Vis (East) International Commercial Arbitration Moot merupakan kompetisi tahunan peradilan semu internasional di bidang transaksi dagang internasional.

Tahun ini, delegasi Unpad terdiri dari Jovanka Lingkanaya (Ketua Delegasi), Hafidz Laksamana Botua, Gilbert William David Sitorus, Mohamad Rafi Andiansyah, Elizabeth Calista Nawangsari, Ribqha Claudya, serta Carrens Leuwinsky sebagai tim ofisial. Delegasi sendiri dipandu oleh dosen pembimbing Prita Amalia, M.H.

Terdapat dua bagian dari kegiatan perlombaan Willem C. Vis (East), yaitu pembuatan memorandum dan oral rounds. Untuk kompetisi ini, tim membuat dua Memorandum for Claimant dan Memorandum for Respondent. Pembuatan memorandum telah dilaksanakan oleh tim delegasi sejak Januari 2020.

Pengalaman menyusun memorandum menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa. Selama proses pembuatan memorandum, tim delegasi juga mendapatkan kesempatan untuk dibimbing secara langsung oleh foreign legal counsel dari beberapa law firm terkemuka, salah satunya Makarim & Taira S.

Penghargaan ini diberikan kepada delegasi terbaik untuk kategori “memorandum respondent” pada ajang tersebut. Penghargaan ini merupakan pencapaian terbaik sejak  Unpad berpartisipasi dalam Willem C. Vis (East).

Substansi memorandum ini, selanjutnya akan dipublikasikan dalam Jurnal Internasional yang bereputasi, sehingga hasil penelitian tim dapat menjadi masukan dalam proses beracara arbitrase di Indonesia.(art)*

Baca juga:  Nanda Najih Berhasil Tembus "15 Besar" Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional 2014