Ini Tahapan Registrasi UTBK dan SBMPTN

Laporan oleh Arif Maulana

kampus unpad;

Kampus Unpad Jatinangor. (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id, 1/6/2020] Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dapat dilakukan mulai 2 – 20 Juni 2020. Pendaftaran dilakukan dengan login menggunakan akun yang terdaftar di portal LTMPT.

Berdasarkan Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor 11/SE.LTMPT/2020 tentang Perubahan Jadwal UTBK 2020, peserta hanya diizinkan mengikuti UTBK maksimal 1 kali tes saja. Selain itu, materi tes yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS).

Kebijakan ini dikeluarkan dalam mengantisipasi adanya pandemi Coronavirus (Covid-19) yang melanda Indonesia.

Alur pendaftaran UTBK dan SBMPTN sendiri dimulai dengan login ke portal LTMPT. Selanjutnya, peserta diminta melengkapi biodata. Biodata yang harus dilengkapi antara lain nama orangtua/wali, pekerjaan orangtua/wali, penghasilan per bulan, hingga jumlah saudara kandung.

Usai melengkapi biodata, peserta memilih pusat UTBK. Ada 74 PTN yang ditunjuk sebagai Pusat UTBK yang tersebar berdasarkan zona/wilayah.

Selanjutnya, peserta diminta untuk cetak slip pembayaran UTBK. Bagi peserta yang memiliki Nomor Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) tidak perlu membayar biaya UTBK. Pembayaran dilakukan melalui perbankan yang ditunjuk sebagai mitra pembayaran UTBK.

Usai pembayaran dikonfirmasi, peserta kemudian kembali login dan memilih program studi. Apabila ada program studi yang mensyaratkan untuk melampirkan portofolio, maka peserta wajib mengunggah dokumen portofolio saat pendaftaran.

Bagi peserta yang memiliki Nomor pendaftaran KIP-K bisa langsung memilih program studi tanpa harus mencetak slip pembayaran. Selanjutnya, peserta menyimpan secara permanen informasi biodata dan pendaftaran dan mencetak kartu peserta UTBK.

Pelaksanaan UTBK sendiri akan digelar pada 5 – 12 Juli 2020. Pengumuman SBMPTN sendiri akan dibuka pada 25 Juli 2020.*