Magister Ilmu Keberlanjutan Unpad Jalani Asesmen Lapangan oleh BAN PT Secara Daring

Rilis: Wati Sukmawati

asesmen
Suasana Asesmen Lapangan (AL) Prodi Magister Ilmu Keberlanjutan oleh BAN PT secara daring, 7-8 Juli 2020.*

[unpad.ac.id, 10/7/2020] Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melakukan asesmen lapangan (AL) secara daring terhadap Program Studi Magister Ilmu Keberlanjutan Universitas Padjadjaran, 7 – 8 Juli 2020. Asesmen kali ini dilakukan secara daring sehubungan dengan masa pandemi Covid-19.

Asesmen secara daring ini tetap mengacu pada Pedoman Asesmen Lapangan sesuai instrumen yang digunakan,  yaitu instrumen akreditasi 7 standar versi 3.0 (IAPT 3.0). sebagaimana diatur dalam Peraturan BAN-PT Nomor 3 Tahun 2019. Yang membedakan adalah pada modus asesmennya, seperti proses wawancara, konfirmasi data dan informasi yang dilakukan melalu video conference dengan modality online meeting yang tersedia.

Kegiatan AL ini langsung dipandu oleh Tim Assesor BAN PT yaitu Prof. Dr. Ign Loyola Setyawan Purnama, M.Si. dari Universitas Gadjah Mada dan Prof. Dr. Ir. Djoko M. Hartono., M.Eng dari Universitas Indonesia. Asesmen juga dihadiri oleh Ketua Senat Akademik Prof. H. Oekan Soekotjo Abdoellah, MA., Ph.D.; Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Prof. Dr.Ir. Hendarmawan, M.Sc.; Kepala Satuan Penjaminan Mutu Dr. Rd. Funny Mustikasari Elita, M.Si.; Plt. Dekan Sekolah Pascasarjana Dra. Mudiyati Rahmatunnisa, MA., Ph.D; Kaprodi Magister Ilmu Keberlanjutan Dr. Susanti Withaningsih, S.Si., M.Si.; para Pengelola Prodi, Manajer, Dosen, Mahasiswa dan Tenaga Kependidikan.

Menurut Prof. Oekan, yang juga Guru Besar bidang Ekologi Manusia Unpad, prodi Magister Ilmu Keberlanjutan merupakan program studi transdisiplin yang mengembangkan pendekatan integrasi berbagai disiplin ilmu, dengan pengetahuan yang berkembang di luar batas pengetahuan ilmiah (berkembang berdasarkan pengalaman).

Melalui pendekatan transdisiplin ini diharapkan berbagai permasalahan yang dihadapi manusia terkait isu lingkungan yang berkelanjutan dapat membawa perubahan (transformasi) secara menyeluruh di kalangan para pemangku kepentingan. Pada gilirannya perubahan tersebut dapat membawa umat manusia menuju masyarakat berkelanjutan.

Prof. Oekan  juga menegaskan, faktanya akreditasi itu sangat penting, sehingga akan meyakinkan mahasiswa dalam memilih prodi. Untuk menjaring mahasiswa perlu kerjasama, sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya ilmu lingkungan.

Sementara menurut  Prof. Hendarmawan, yang sebelumnya merupakan Dekan Sekolah Pascasarjana, prodi Magister Ilmu Keberlanjutan (Sustainability Science) dimaksudkan untuk mengubah perspektif para akademisi, mahasiswa, praktisi pembangunan, dan masyarakat luas dalam memahami interaksi manusia dan lingkungan dalam konteks berkelanjutan (sustainable).

Secara spesifik, keberadaan prodi ini memiliki ciri khas yang diharapkan dapat menghasilkan lulusan dengan pola berpikir yang holistik, mampu menerapkan pendekatan transdisiplin, dan mengapresiasi keberagaman. Tujuan akhir dari pendirian prodi ini adalah memberikan kontribusi dalam upaya mencapai masyarakat berkelanjutan.

Acara penutupan AL di hari ke-2 Plt. Dekan Sekolah Pascasarjana Dra. Mudiyati Rahmatunnisa, MA., Ph.D, mengucapkan terima kasih kepada Tim Asesor yang telah memberikan arahan dan masukan kepada prodi.

“Semua persiapan untuk akreditasi Prodi Magister Ilmu Keberlajutan sudah dikakukan maksimal dengan dukungan semua pihak. Hasil akreditasi tersebut dapat menjadi awal yg baik untuk Prodi Magister Ilmu Keberlanjutan agar semakin maju dan berkembang di masa yang akan datang,” harap Mudi.

Hal senada juga di sampaikan oleh Kaprodi Magister Ilmu Keberlanjutan Dr. Susanti Withaningsih, S.Si., M.Si. “Pelaksanaan akreditasi melalui visitasi secara online merupakan pengalaman yang memberi kesan tersendiri. Persiapan data pendukung dalam bentuk soft file menjadi tantangan yang menjadi pembelajaran baru dalam proses  persiapannya. Terima kasih atas semua bantuan dan  kerjasama dari seluruh Pimpinan Universitas, Fakultas, SPM & seluruh Dosen Prodi Ilmu Keberlanjutan yang telah membantu terlaksananya proses visitasi online sehingga berjalan dengan lancar,” pungkasnya.(art)*

Share this: