Pertamina Hulu Energi Dorong Kerja Sama Intensif dengan Unpad

Laporan oleh Arif Maulana

pertamina hulu energi

Direktur Pengembangan dan Produksi PT. Pertamina Hulu Energi Taufik Aditiyawarman saat melakukan pertemuan dengan sejumlah pimpinan Unpad di ruang Executive Lounge Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Rabu (29/7) sore. (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id, 30/7/2020] PT. Pertamina Hulu Energi menyatakan siap memperkuat kerja sama lanjutan dengan Universitas Padjadjaran. Perusahaan subholding hulu dari grup Pertamina ini sudah banyak melakukan kerja sama tridarma dengan Unpad, pasca penandatanganan Nota Kesepahaman pada 2017 dan 2019 lalu.

Direktur Pengembangan dan Produksi Pertamina Hulu Energi Taufik Aditiyawarman menjelaskan, perguruan tinggi merupakan sumber riset yang bisa dimanfaatkan untuk kemajuan perusahaan. Apalagi, pasca-menjadi subholding hulu, Pertamina Hulu Energi berkewajiban untuk menyiapkan sejumlah inovasi di bidang pengelolaan migas.

(baca juga: Dorong Peningkatan Kualitas SDM, Pertamina Hulu Energi Lakukan Kerja Sama dengan Unpad)

“Riset yang dilakukan perguruan tinggi bisa menjawab tantangan migas yang ada di industri,” ujar Taufik saat melakukan pertemuan dengan sejumlah pimpinan Unpad di ruang Executive Lounge Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Rabu (29/7) sore.

Taufik melanjutkan, riset tersebut tidak hanya diaplikasikan untuk pengelolaan migas dalam negeri. Pihaknya juga siap mengenalkan sejumlah riset dan inovasi akademisi ke tingkat internasional.

Selain kerja sama riset, Taufik juga menawarkan potensi kerja sama lainnya, di antaranya kesempatan magang, kesempatan kerja bagi lulusan, beasiswa, penelitian tugas akhir, hingga kesempatan melanjutkan studi bagi pegawai Pertamina Hulu Energi.

Kunjungan petinggi Pertamina Hulu Energi ini diterima oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, PhD, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Prof. Dr. Hendarmawan, Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Rizky Abdullah, PhD, Direktur Inovasi dan Korporasi Diana Sari, PhD, serta Dosen Fakultas Teknik Geologi Unpad Yuyun Yunardi, M.T.

Dalam kesempatan tersebut Prof. Arief mengatakan, Unpad siap untuk meningkatkan kerja sama yang sudah dijalin dengan Pertamina Hulu Energi. “MoU yang sduah disepakati Unpad dan Pertamina Hulu Energi harus jadi sesuatu yang powerfull,” ujarnya.

Prof. Hendarmawan juga menjelaskan, untuk mempermudah aktivitas kerja sama, Pertamina Hulu Energi juga didorong untuk melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan fakultas yang ada di Unpad.*