Unpad Sumbang 85 Ekor Domba Kurban

Laporan oleh Arif Maulana

Mahasiswa memasukkan hewan domba ke dalam mobil untuk disalurkan ke sejumlah desa di Jatinangor, Rabu (29/7). Memperingati Iduladha 1441 Hijriah, Universitas Padjadjaran menyumbangkan 85 ekor hewan kurban kepada lingkungan sekitar kampus Jatinangor, kampus Dipati Ukur, kampus PSDKU Garut dan Pangandaran, serta mahasiswa Bidikmisi yang tinggal di dalam kampus. (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id, 29/7/2020] Memperingati Iduladha 1441 Hijriah, Universitas Padjadjaran menyumbangkan 85 ekor hewan kurban kepada lingkungan sekitar kampus Jatinangor, kampus Dipati Ukur, kampus PSDKU Garut dan Pangandaran, serta mahasiswa Bidikmisi yang tinggal di dalam kampus.

Penyerahan dilakukan di halaman Laboratorium Uji Pakan Unpad, Kampus Jatinangor, Rabu (29/7). Secara simbolis, penyerahan dilakukan oleh Direktur Tata Kelola, Legal, dan Komunikasi Unpad Dr. Isis Ikhwansyah, M.H., CN., kepada perwakilan penerima dengan disaksikan langsung oleh Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Unpad Prof. Yanyan M. Yani, PhD, serta sejumlah pimpinan di lingkungan Unpad.

(baca juga: Akademisi Unpad Berikan Tips Cermat Memilih Hewan Kurban)

Prof. Yanyan mengatakan, sumbangan ini merupakan kegiatan tahunan Unpad setiap perayaan Iduladha. “Karena tahun ini ada kondisi pandemi Covid-19, maka kami berikan dalam bentuk CSR,” kata Prof. Yanyan.

Hewan kurban yang dibagikan seluruhnya berjenis domba. Secara rinci, domba tersebut dibagikan ke 12 desa di kecamatan Jatinangor. Setiap desa menerima 5 ekor domba. Selanjutnya, 2 ekor untuk Kecamatan Jatinangor, 5 ekor untuk kampus PSDKU Garut, 5 ekor untuk kampus PSDKU Pangandaran, 5 ekor untuk kampus Jelekong dan Arjasari, 5 ekor untuk Kelurahan Lebak Gede, Bandung, serta  3 ekor untuk 67 mahasiswa Bidikmisi yang tinggal di kampus Jatinangor maupun Dipati Ukur.

(baca juga: Berkurban Bukan Karena Mampu, Tapi Karena Kita Iman kepada Allah)

“Mudah-mudahan bentuk CSR yang dilakukan Unpad ini lebih mempererat silaturahmi Unpad dengan masyarakat sekitar,” kata Prof. Yanyan.

Prof. Yanyan memastikan, hewan sumbangan tersebut merupakan jenis domba unggulan. Domba ini diperoleh langsung dari Fakultas Peternakan Unpad. “Kualitas dombanya Insya Allah baik,” kata Prof Yanyan.*