Gelar Muswil, Ketua Umum Masjid Raya Unpad Terpilih Sebagai Ketua AMKI Jabar 2020-2024

Laporan oleh Arif Maulana

AMKI
Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Unpad Prof. Yanyan Mochamad Yani memberikan sambutan dalam acara Musyawarah Wilayah Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) Jawa Barat secara virtual, Senin (24/8).*

[unpad.ac.id, 24/8/2020] Universitas Padjadjaran menjadi penyelenggara Musyawarah Wilayah Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) Jawa Barat, Senin (24/8). Muswil yang digelar secara virtual ini diikuti oleh utusan pengurus masjid dari 38 perguruan tinggi di Indonesia.

Ketua Tim Mandataris Kegiatan Muswil AMKI Jabar 2020 yang juga Ketua Umum Masjid Raya Unpad Dr. Hadiyanto A. Rachim, M.I.Kom., mengatakan, salah satu agenda penting yang dibahas dalam muswil ini adalah memilih ketua AMKI Jabar periode 2020-2024.

“Diharapkan lewat muswil ini bisa hasilkan kepengurusan baru untuk periode berikutnya,” ujar Hadiyanto.

(baca juga: Dinilai Terbaik, UPZ Unpad Raih Penghargaan dari Baznas Jabar)

Lewat muswil ini, AMKI Jabar khususnya dapat terus menjadikan masjid kampus tidak hanya bersinergi, tetapi bersama-sama dengan perguruan tinggi mewujudkan tatanan tujuan pendidikan nasional Indonesia, yaitu membangun manusia beriman, bertakwan, cerdas, terampil, dan berakhlak mulia.

“Mudah-mudahan kehadiran AMKI di setiap perguruan tinggi betul-betul bisa membangun iklim yang kondusif dan bisa bersinergi mewujukan tridarma perguruan tinggi,” kata Hadiyanto.

(baca juga: Perbankan Syariah Terus Berinovasi Hadapi Dunia Digital)

Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Unpad Prof. Yanyan M. Yani dalam sambutannya mengatakan, Unpad mendukung penuh dalam menjadikan masjid kampus sebagai soko guru perguruan tinggi sekaligus pusat pendidikan karakter calon pemimpin bangsa dalam mewujudkan bangsa yang bermartabat.

“AMKI adalah sebuah institusi penjaga dan penegak nilai moralitas umat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Prof. Yanyan

Menurutnya, AMKI berperan strategis dalam perwujudan tujuan pendidikan nasional. Karena itu, muswil ini diharapkan dapat menghasilkan beragam pemikiran yang strategis dan membumi.

Di sisi lain, pengurus masjid kampus sebagian besar merupakan insan akademik. Untuk itu, AMKI diharapkan dapat membangun sinergi pada aspek tridarma perguruan tinggi dengan penekanan pada nilai-nilai antikorupsi dan antiradikalisme.

Dalam muswil tersebut, hadir Ketua Pengurus Pusat AMKI Prof. Hermawan K. Dipojono serta Ketua AMKI Jabar Dr. Dudung Rahmat Hidayat. Berdasarkan hasil musyawarah, Ketua DKM Masjid Raya Unpad Dr. Hadiyanto A. Rachim, M.I.Kom., ditetapkan sebagai Ketua AMKI Jabar periode 2020-2024. Penetapan Hadiyanto dilakukan secara aklamasi.*

Share this: