Ini Ketentuan Registrasi bagi Calon Mahasiswa Baru Sarjana Jalur Mandiri Unpad

Rilis

Jalur Mandiri Unpad
[Foto ilustrasi] Mahasiswa baru Unpad tahun akademik 2018/2019 menunjukan Kartu Tanda Mahasiswa usai melaksanakan registrasi adminstratif. (Foto: Tedi Yusup)*

[unpad.ac.id, 23/8/2020] Pengumuman seleksi program Sarjana Jalur Mandiri Unpad tahun akademik 2020/2021 akan diumumkan pada laman http://pengumuman.unpad.ac.id/ Minggu (23/8) pukul 13.00 WIB. Peserta yang dinyatakan lulus wajib mencermati ketentuan seputar registrasi mahasiswa baru.

Para peserta SMUP 2020 yang dinyatakan lulus seleksi masuk ke Universitas Padjadjaran Tahun Akademik 2020/2021 wajib melaksanakan registrasi dan unggah dokumen secara  daring dengan langkah-langkah sebagai sebagai berikut:

1. 24 – 25 Agustus 2020: Melengkapi biodata dan unggah dokumen yang tersedia di laman https://students.unpad.ac.id/peserta/maksimal pukul 22.00 WIB. Calon mahasiswa secara otomatis dapat mengetahui jumlah tagihan uang kuliah setelah pengisian biodata.

2. 24 – 26 Agustus 2020

  • Universitas Padjadjaran akan melakukan verifikasi pada data dan dokumen yang diunggah calon mahasiswa di atas (termasuk pendaftar KIP-Kuliah).
  • Kesungguhan dan kejujuran mengunggah dokumen akan berpengaruh pada upaya Unpad untuk melayani kebutuhan calon mahasiswa secara optimal.
  • Calon mahasiswa melakukan pembayaran uang kuliah baik Dana Pengembangan (DP) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) melalui salah satu bank mitra Unpad sesuai dengan tagihan yang disepakati seusai verifikasi.

3. 25 – 27 Agustus 2020: Setelah pembayaran diterima, Universitas Padjadjaran akan menerbitkan Surat Tanda Bukti Resmi Menjadi mahasiswa melalui laman https://students.unpad.ac.id/peserta/.

4. Calon mahasiswa pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) tidak dipungut Dana Pengembangan dan diajukan untuk memperoleh Beasiswa KIP Kuliah (Bidikmisi).

Dokumen-dokumen yang harus diunggah secara daring oleh calon mahasiswa adalah sebagai berikut:

  • Kartu Peserta SBMPTN (asli);
  • KTP/Kartu Siswa (asli);
  • Kartu Keluarga (asli);
  • Akta Kelahiran (asli);
  • Ijazah Asli SMA/MA/SMK/setara;
  • Kartu Indonesia Pintar (KIP-Kuliah) yang asli, bagi calon mahasiswa yang memiliki dan telah mendaftar/Bukti Penerima Program Keluarga Harapan (PKH)/Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang asli;
  • Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah;
  • Surat Keterangan Bebas Buta Warna bagi calon mahasiswa program studi :
    • Kedokteran
    • Kedokteran Hewan
    • Matematika (dapat buta warna parsial)
    • Kimia
    • Fisika (dapat buta warna parsial)
    • Biologi (dapat buta warna parsial)
    • Statistika (dapat buta warna parsial)
    • Geofisika
    • Teknik Informatika
    • Teknik Elektro (dapat buta warna parsial)
    • Ilmu Aktuaria (dapat buta warna parsial)
    • Agroteknologi
    • Agribisnis
    • Kedokteran Gigi
    • Psikologi
    • Peternakan
    • Peternakan PSDKU Pangandaran
    • Keperawatan
    • Keperawatan PSDKU Pangandaran
    • Perikanan
    • Ilmu Kelautan
    • Perikanan PSDKU Pangandaran
    • Teknik Pertanian
    • Teknologi Pangan
    • Teknologi Industri Pertanian
    • Farmasi
    • Teknik Geologi
  • Surat Keterangan Bebas Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif;
  • Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan Kedua Orang Tua;
  • Rekening Listrik Terbaru  (3 bulan terakhir) atau Bukti Pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) Terbaru (3 tahun terakhir);
  • Foto tempat tinggal tampak depan;
  • Foto Kendaraan yang dimiliki (optional);
  • Kartu BPJS atau Asuransi Kesehatan yang dimiliki;
  • Formulir Hasil Pengisian Biodata Calon Mahasiswa Baru Universitas Padjadjaran yang telah ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,-;
  • Formulir Hasil Pengisian Biodata Orang tua/wali Calon Mahasiswa Baru Universitas Padjadjaran yang telah di tanda tangani di atas materai Rp. 6.000,-;
  • Bagi peserta yang bukan penerima KIP Kuliah harus mengunggah Formulir Kesanggupan Untuk Membayar Biaya Pendidikan yang telah ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,- (format dapat diunduh);
  • Bagi peserta bukan penerima KIP Kuliah, harus mengunggah bukti pembayaran biaya pendidikan dari bank;
  • Surat Pernyataan bersedia mentaati peraturan yang berlaku di Universitas Padjadjaran yang telah ditandatangani di atas materai Rp.6.000 (format dapat diunduh);
  • File foto format JPG resolusi 300 dpi, pose resmi seperti untuk keperluan ijazah dengan latar belakang putih, mengenakan kemeja dan jas/blazer warna gelap.

Berikut ini adalah ketentuan tambahan dalam melakukan registrasi:

1. Dokumen persyaratan registrasi yang diunggah harus berupa format digital (JPG atau PDF) dengan ukuran file maksimal adalah 1MB.

2. Universitas Padjadjaran akan melakukan verifikasi terhadap dokumen yang diunggah oleh calon mahasiswa dan akan menghubungi ke nomor handphone atau alamat email yang bersangkutan jika menemukan dokumen yang tidak valid.

3. Calon mahasiswa non pendaftar KIP-K harus membayar uang kuliah di salah satu bank yang ditunjuk oleh Universitas Padjadjaran. Bank-bank tersebut adalah:

  • Bank BCA, melalui ATM, Teller, Internet Banking, atau Mobile Banking.
  • Bank BJB, melalui ATM, Teller atau Internet Banking.
  • Bank BNI, melalui ATM, Teller atau Internet Banking.
  • Bank BRI, melalui ATM, Teller, atau Agen BRILink.
  • Bank BTN, melalui ATM atau Teller.
  • Bank Mandiri, melalui ATM, Teller atau Internet Banking.
  • Bank BNI Syariah, melalui ATM atau Teller.
  • Bank BRI Syariah, melalui ATM, Teller, Internet Banking, atau Mobile Banking.
  • Bank Bukopin Syariah, melalui ATM atau Teller.

4. Bank Mandiri Syariah, melalui Teller, Internet Banking, atau Mobile Banking.Biaya Pendidikan yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun juga.

5. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) diberikan kepada calon mahasiswa setelah semua ketentuan terpenuhi, dan bagi calon mahasiswa yang tidak melaksanakan salah satu persyaratan dan ketentuan di atas sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan, maka yang bersangkutan akan dinyatakan mengundurkan diri sebagai calon mahasiswa Universitas Padjadjaran.

6. Calon mahasiswa yang ingin mengajukan subsidi Uang Kuliah Tunggal (UKT) dapat mengajukan permohonan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Informasi lebih lanjut silakan hubungi helpdesk melalui pesan WhatsApp ke nomor 0811-2081-957 atau 0811-2101-957.*

 

Share this: