Logo Unpad.*

Rilis

Kampus Iwa Koesoemasoemantri Unpad, Bandung. (Foto: Kantor Komunikasi Publik Unpad)*

[unpad.ac.id, 4/8/2020] Universitas Padjadjaran akan melaksanakan prosesi Wisuda Gelombang III dan IV tahun akademik 2019/2020 secara daring dan luring pada Rabu (5/8). Sebanyak 1.200 calon wisudawan akan mengikuti prosesi wisuda tersebut.

Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad Dandi Supriadi, PhD, menjelaskan, ada sejumlah ketentuan umum yang harus diperhatikan calon wisudawan, terutama bagi yang mengikuti prosesi secara daring.

Secara umum, prosesi wisuda daring akan menggunakan aplikasi Zoom. Tautan Zoom sudah dibagikan ke setiap peserta melalui e-mail yang terdaftar. Tautan tidak boleh disebarkan ke siapa pun.

Ruang Zoom sendiri sudah dibuka mulai Rabu (5/8) pukul 06.00 WIB. “Usahakan untuk memasuki ruang Zoom paling lambat pukul 08.00 WIB. Akan ada acara pra-prosesi yang dapat diikuti mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB,” jelas Dandi.

Agar identitas wisudawan terdeteksi, pastikan untuk menuliskan identitas sesuai format yang telah ditentukan. Format tersebut yaitu nama pendek/singkatan fakultas (spasi) nama wisudawan. “Contohnya, FKG Andi Suherlan,” imbuhnya.

Operator (host) Zoom tidak akan mengizinkan masuk apabila format nama yang dipakai tidak dikenali atau tidak sesuai dengan yang sudah ditentukan.

Dandi melanjutkan, wisudawan disilakan memakai toga wisuda bagi yang sudah mendapatkannya. Bagi yang tidak memiliki toga wisuda, silakan untuk memakai pakai sesuai ketentuan, yaitu pakaian sipil lengkap atau setelan jas bagi wisudawan laki-laki, serta kebaya atau sejenisnya bagi wisudawan perempuan.

Selama berlangsung prosesi, wisudawan wajib mengaktifkan video/webcam. Namun, mikrofon akan dinonaktifkan oleh operator, dan akan diaktifkan apabila diperlukan.

Usai prosesi, wisudawan disilakan untuk bergabung dengan rekan satu fakultas melalui ruang Zoom kecil yang sudah disediakan panitia. Wisudawan akan dibantu untuk masuk ke ruang-ruang tersebut oleh operator. Di setiap ruang kecil itu, wisudawan akan dipandu untuk melakukan foto bersama.

“Bila terjadi kendala teknis dengan Zoom Anda, silakan hubungi 0813 8003 3025. Teknisi kami akan membantu Anda,” kata Dandi.

Prosesi wisuda sendiri bisa dilihat secara streaming pada tautan http://streaming.unpad.ac.id/ atau di kanal YouTube Unpad.(arm)*

 

 

 

Share this: